IMPLEMENTASI PENGATURAN TEMPAT DUDUK SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI DAN SWASTA KECAMATAN WANGON

WULANDARI,, NUR ASIH (2017) IMPLEMENTASI PENGATURAN TEMPAT DUDUK SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI DAN SWASTA KECAMATAN WANGON. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (883kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (779kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (706kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripskan pola pengaturan tempat duduk , aspek pertimbangan dalam pengaturan tempat duduk, dan respon siswa terhadap pengaturan tempat duduk dalam pembelajaran di sekolah dasar. Fokus penelitian pada implementasi pengaturan tempat duduk siswa dalam pembelajaran di sekolah dasar negeri dan swasta Kecamatan Wangon. Partisipan penelitian ini t erdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pengaturan tempat duduk siswa dalam pembelajaran di sekolah dasar negeri banyak yang menggunakan pola pengaturan tempat duduk siswa berbentuk konvensional, sedangkan pola pengaturan tempat duduk di sekolah swasta lebih bervariatif, yaitu menggunakan pola pengaturan berbentuk konvensional, formasi U, formasi H, dan pemisahan kelompok. Aspek pertimbangan dalam pengaturan tempat duduk siswa dalam pembelajaran di sekolah dasar negeri dan swasta Kecamatan Wangon, yaitu aspek biologis, intelektual, dan psikologis siswa. Respon siswa terhadap pola pengaturan tempat duduk siswa dalam pembelajaran di sekolah dasar negeri dan swasta menunjukkan respon positif dan negatif. Respon positif ditunjukkan dengan rasa suka dan kenyamanan siswa terhadap pola pengaturan tempat duduk, sedangkan respon negatif ditunjukkan dengan rasa tidak suka atas ketidaknyamanan karena lingkungan belajar yang selalu berubah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Dr. Sriyanto, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: pengaturan tempat duduk, sekolah dasar negeri, sekolah dasar swasta.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 31 Aug 2017 01:27
Last Modified: 10 Oct 2017 07:00
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3686

Actions (login required)

View Item View Item