ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARANGPUCUNG DITINJAU DARI RASA PERCAYA DIRI

HERNIYATI, . (2017) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARANGPUCUNG DITINJAU DARI RASA PERCAYA DIRI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (717kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (681kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran adaptif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Karangpucung yang ditinjau dari rasa percaya diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini siswa dikelompokan ke dalam tiga kategori, yaitu siswa rasa percaya diri tinggi, sedang dan rendah. Masing-masing kelompok dipilih tiga siswa untuk keperluan wawancara. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa siswa dengan rasa percaya diri tinggi mampu menguasai semua indikator yaitu mengajukan dugaan, memberi alasan mengenai jawaban yang diberikan, menarik kesimpulan dari suatu pernyataan, memeriksa kesahihan suatu argumen dan menemukan pola dari suatu gejala matematis, hanya saja siswa rasa percaya diri tinggi masih sedikit kesulitan dalam menemukan pola dari suatu gejala matematis. Untuk siswa dengan rasa percaya diri sedang belum mampu menguasai semua indikator hanya menguasai empat indikator saja, siswa belum mampu memeriksa kesahihan suatu argumen dan siswa juga masih sedikit kesulitan dalam menemukan pola dari suatu gejala matematis. Untuk siswa dengan rasa percaya diri rendah hanya mampu menguasai tiga indikator saja, siswa rasa percaya diri rendah hanya mampu mengajukan dugaan, memberikan alasan mengenai jawaban yang diberikan dan menarik kesimpulan dari suatu pernyataan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Eka Setyaningsih, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Kemampuan penalaran adaptif, rasa percaya diri siswa, SMP Negeri 2 Karangpucung Cilacap Jawa Tengah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 31 Aug 2017 00:55
Last Modified: 31 Aug 2017 00:55
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3681

Actions (login required)

View Item View Item