RESPON GURU DAN PESERTA DIDIK TERHADAP MODEL VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) PADA PEMBELAJARAN IPS

KHASANAH, UMIATUN (2017) RESPON GURU DAN PESERTA DIDIK TERHADAP MODEL VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) PADA PEMBELAJARAN IPS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Umiatun Khasanah_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Umiatun Khasanah_BAB I.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Umiatun Khasanah_BAB II.pdf

Download (733kB) | Preview
[img] Text
Umiatun Khasanah_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text
Umiatun Khasanah_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text
Umiatun Khasanah_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img]
Preview
Text
Umiatun Khasanah_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text
Umiatun Khasanah_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap model VCT pada pembelajaran IPS, serta mengetahui kelebihan dan kelemahan penerapan model VCT pada pembelajaran IPS.Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif kualitatif dengan partisipan penelitian ialah peserta didik kelas IV B yang berjumlah delapan peserta didik, guru kelas IV B dan kepala sekolah SD Negeri Pegalongan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah dianalisis di atas dapat disimpulkan bahwa respon guru terhadap model VCT pada pembelajaran IPS dikatakan baik. Hal tersebut diketahui berdasarkan pada wawancara bahwa terdapat model VCT ini baik untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS karena peserta didik menjadi antusias dan berminat dalam mengikuti pembelajaran.Respon peserta didik terhadap model VCT pada pembelajaran IPS juga baik karena berdasarkan pada observasi dan wawancara kepada delapan peserta didik menyatakan bahwa pembelajaran IPS dengan model VCT metode percontohan menyenangkan. Empat dari delapan peserta didik tersebut juga menyatakan bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh guru berbeda dengan pembelajaran sebelumnya dan peserta didik dapat lebih memahami materi pembelajaran dengan model VCT metode percontohan yang diterapkan oleh guru pada pembelajaran IPS. Kelebihan dari penerapan model VCT pada pembelajaran IPS antara lain dapat memunculkan respon yang baik yaitu antusias dan minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran IPS, sehingga memudahkan guru untuk menyampaikan isi pesan materi dan pesan moral kepada peserta didik. Peserta didik juga dapat mengetahui nilai yang ada dalam dirinya dan nilai-nilai yang dimiliki orang lain. Kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran model VCT tidak ada, karena adanya umpan balik yang baik antara peserta didik dan guru.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd. dan Okto Wijayanti, S.Pd., M.A.
Uncontrolled Keywords: Model VCT (Value Clarification Technique), Respon Guru dan Peserta Didik, Pembelajaran IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 30 Aug 2017 07:59
Last Modified: 30 Aug 2017 07:59
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3674

Actions (login required)

View Item View Item