PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER DRUMBAND DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SD-IT) MUHAMMADIYAH CIPETE

ASTUTI, ANITA KUSUMA (2017) PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER DRUMBAND DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SD-IT) MUHAMMADIYAH CIPETE. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Anita Kusuma Astuti_JUDUL.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Anita Kusuma Astuti_BAB I.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Anita Kusuma Astuti_BAB II.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text
Anita Kusuma Astuti_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
Anita Kusuma Astuti_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB)
[img] Text
Anita Kusuma Astuti_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img]
Preview
Text
Anita Kusuma Astuti_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text
Anita Kusuma Astuti_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah tentu saja perlu mendapatkan dukungan dan dorongan dari berbagai pihak agar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar. Salah satu yang menjadi daya tarik tersendiri di sekolah adalah adanya kegiatan ekstrakurikuler drumband. Pelatihan drumband merupakan salah satu jenis eksttrakurikuler yang dilaksanakan dengan bantuan orang atau pelatih yang sudah mengetahui dalam dunia musik. Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penggunakan metode pelatihan drumband yang dilaksanakan, hambatan yang dihadapi dalam pelatihan serta manfaat yang diperoleh dalam pelatihan drumband yang dilaksanakan di SD-IT Muhammadiyah Ciepete. SD-IT Muhammadiyah Cipete merupakan salah satu sekolah yang terdapat di kecamatan cilongok yang telah menjalankan dan melaksanakan kegiatan pelatihan ekstrakurikuler drumband sejak dari tahun 2004. Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan pada setiap hari Jumat Pukul 13.00-15.00. Adapun siswa yang mengikuti adalah kelas III-V. Kelas III hanya mengikuti memainkan bendera yang mengiringi permainan drumband, serta kelas IV dan V memainkan alat musik sendiri. Teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pelatih, kepala sekolah, orang tua siswa dan siswa kelas V. Hasil penelitian memberikan informasi bahwa pelatih menggunakan metode langsung atau Direct Instruction. Pelatih menggunakan metode ini bertujuan agar siswa dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan. Adapun manfaat dari pelatihan drumband adalah meningkatkan kedisiplinan, kekompakan, kerja sama dan merupakan kegaitan psikomotor bagi siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn., M.A.
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler, Pelatihan Drumband, Direct Instruction
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 30 Aug 2017 06:44
Last Modified: 30 Aug 2017 06:44
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3664

Actions (login required)

View Item View Item