DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KECEMASAN BELAJAR SISWA SMKN 1 BANYUMAS

SUSANTI, WIDA (2017) DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KECEMASAN BELAJAR SISWA SMKN 1 BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_WIDA SUSANTI_MATEMATIKA'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_WIDA SUSANTI_MATEMATIKA'17.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_WIDA SUSANTI_MATEMATIKA'17.pdf

Download (717kB) | Preview
[img] Text
BAB III_WIDA SUSANTI_MATEMATIKA'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] Text
BAB IV_WIDA SUSANTI_MATEMATIKA'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V_WIDA SUSANTI_MATEMATIKA'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_WIDA SUSANTI_MATEMATIKA'17.pdf

Download (700kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_WIDA SUSANTI_MATEMATIKA'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kecemasan belajar siswa SMKN 1 Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 6 siswa kelas TKJ 2 SMKN 1 Banyumas yang terdiri dari 2 mahasiswa kecemasan belajar normal, 2 siswa kecemasan ringan dan 2 siswa kecemasan sedang. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Uji validitas hasil analisis menggunakan triangulasi teknik. Pada tahap memahami masalah siswa dengan kecemasan belajar normal mampu menggunakan pengetahuannya untuk melakukan seleksi dalam menentukan rencana pemecahan masalah, kemudian siswa dengan kecemasan belajar ringan cenderung hanya menyebutkan apa yang tertulis di soal walaupun cara-cara lain yang berbeda sedikit tampak digunakan, dan siswa kecemasan belajar sedang cenderung hanya menyebutkan apa yang tertulis di soal tanpa menggunakan cara-cara lain yang berbeda. Pada tahap merencanakan masalah siswa dengan kecemasan belajar normal mampu menjelaskan cara yang berbeda dalam merencanakan penyelesaian, kemudian siswa dengan kecemasan belajar ringan hanya menggunakan rencan yang sesuai dengan prosedur yang ada dan merasa ragu saat menyebutkan alternatif jawaban selain yang mereka sebutkan pertama, dan siswa kecemasan sedang menggunakan satu prosedur penyelesaian tanpa ada alternatif jawaban, Pada tahap melaksanakan rencana masalah siswa kecemasan belajar normal mampu menjelaskan cara yang berbeda, kemudian siswa kecemasan belajar ringan menggunakan penyelesaian secara umum dan ada beberapa soal yang menggunakan alternatif lain, dan siswa kecemasan sedang menggunakan penyelesaiakan permasalahan secara umum meskipun ada pada satu soal subjek yang belum dapat menemukan jawaban yang tepat. Pada tahap memeriksa kembali proses atas hasil yang diperoleh siswa kecemasan belajar normal menggunakan cara yang sama seperti penyelesaian masalah, siswa kecemasan belajar ringan sekedar dilihat saja tanpa menuliskan cara untuk memeriksanya dan siswa kecemasan sedang langsung mengatakan tidak melakukan proses pemeriksaan kembali.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kecemasan belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, SMKN 1 Banyumas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 30 Aug 2017 05:05
Last Modified: 30 Aug 2017 05:05
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3655

Actions (login required)

View Item View Item