UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DI KELAS IV SD NEGERI KARANGMANGU

ASIH, SARI (2011) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DI KELAS IV SD NEGERI KARANGMANGU. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_SARI ASIH_PGSD'11.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_SARI ASIH_PGSD'11.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_SARI ASIH_PGSD'11.pdf

Download (643kB) | Preview
[img] Text
BAB III_SARI ASIH_PGSD'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img] Text
BAB IV_SARI ASIH_PGSD'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_SARI ASIH_PGSD'11.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_SARI ASIH_PGSD'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS materi perkembangan tekhnologi dengan model pembelajaran Take and Give. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIA SD Negeri Karangmangu, dengan jumlah 24 siswa yang terdiri dari 13 siswa lakilaki dan 11 jumlah siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tidakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan, dimana dalam setiap kali pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran. Prosedur penelitian ini merunjuk pada model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan lembar observasi siswa, untuk memperoleh data motivasi belajar diperoleh dari angket motivasi belajar sedangkan untuk memperoleh prestasi belajar siswa diperoleh dari tes evaluasi yang diberikan pada setiap akhir pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh motivasi belajar siswa pada siklus I mencapai nilai rata-rata 74,66, dan pada siklus II naik menjadi 75,95. Prestasi belajar siswa dari nilai rata-rata 56,91, dengan ketuntasan belajar 25% naik menjadi siklus I mencapai nilai rata-rata 67,33 dengan ketuntasan belajar 54%, dan pada siklus II nilai ratarata naik menjadi 72.31 dengan ketuntasan belajar 87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS materi perkembangan tekhnologi siswa kelas IVA SD Negeri Karangmangu pada semester II Tahun Pelajaran 2010/2011, Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Afandi, S.Pd, M.Pd., dan Drs. Pamujo, MM. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Prestasi Belajar, IPS, Model Pembelajaran Take and Give
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 30 Aug 2017 03:43
Last Modified: 30 Aug 2017 03:43
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3650

Actions (login required)

View Item View Item