PENGARUH E-LEARNING TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

WIGIANTI, AULIA SHOFFY (2017) PENGARUH E-LEARNING TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_AULIA SHOFFY WIGIANTI_PGSD'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_AULIA SHOFFY WIGIANTI_PGSD'17.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_AULIA SHOFFY WIGIANTI_PGSD'17.pdf

Download (866kB) | Preview
[img] Text
BAB III_AULIA SHOFFY WIGIANTI_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)
[img] Text
BAB IV_AULIA SHOFFY WIGIANTI_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_AULIA SHOFFY WIGIANTI_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_AULIA SHOFFY WIGIANTI_PGSD'17.pdf

Download (733kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_AULIA SHOFFY WIGIANTI_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran PKn memiliki banyak materi yang memungkinkan siswa merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Inovasi dalam pembelajaran PKn dapat dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas yang tersedia di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif Eksperimen yang bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh e-learning terbimbing terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V MI Istiqomah Sambas Purbalingga; 2) Mengetahui pengaruh e-learning terbimbing terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dan desain penelitian yaitu nonequivalent control grup desain. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VA1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VA2 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data untuk hasil motivasi belajar siswa menggunakan angket, dan untuk prestasi belajar melalui evaluasi. Data dihitung dengan menggunakan uji homogenitas, uji normalitas dan uji t. Selain hitung secara manual, perhitungan juga dilakukan menggunakan SPSS for windows versi 23. Hasil penelitian pada motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 3,18699 ≥ 1,66600, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, e-learning terbimbing memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Hasil penelitian pada prestasi belajar menunjukkan bahwa t hitung ≥ ttabel yaitu 4,36696 ≥ 1,66600, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, e-learning terbimbing memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd., dan Dhi Bramasta, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: E-learning Terbimbing, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, PKn
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 30 Aug 2017 00:41
Last Modified: 30 Aug 2017 00:41
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3629

Actions (login required)

View Item View Item