UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING DIKELAS IV SD NEGERI 1 CIKIDANG

DHUYUFURRAHMAH, ATIQ (2017) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING DIKELAS IV SD NEGERI 1 CIKIDANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ATIQ DHUYUFURRAHMAH_PGSD'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ATIQ DHUYUFURRAHMAH_PGSD'17.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ATIQ DHUYUFURRAHMAH_PGSD'17.pdf

Download (808kB) | Preview
[img] Text
BAB III_ATIQ DHUYUFURRAHMAH_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)
[img] Text
BAB IV_ATIQ DHUYUFURRAHMAH_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_ATIQ DHUYUFURRAHMAH_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ATIQ DHUYUFURRAHMAH_PGSD'17.pdf

Download (702kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_ATIQ DHUYUFURRAHMAH_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Rendahnnya sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Cikidang dengan jumlah 16 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes/evaluasi, lembar skala sikap peduli lingkungan, serta lembar observasi untuk siswa dan guru. Berdasarkan hasil penelitian, hasil angket sikap peduli lingkungan siswa pada siklus I mencapai rata-rata 3,3 dengan kriteria cukup dan pada siklus II 3,6 dengan kriteria baik, sedangkan hasil evaluasi siswa diperoleh data pada siklus I terdapat 5 siswa yang belum memenuhi kriteria dengan persentase ketuntasan 68,75%, pada siklus II terdapat 3 siswa yang belum memenuhi kriteria dengan persentase 81,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan di kelas IV SD Negeri 1 Cikidang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Lia Mareza, M.A
Uncontrolled Keywords: Sikap peduli lingkungan, prestasi belajar, IPA, model inkuiri terbimbing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 30 Aug 2017 00:36
Last Modified: 30 Aug 2017 00:36
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3628

Actions (login required)

View Item View Item