PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR

PUNJUNG, GAGAS (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
GAGAS PUNJUNG COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
GAGAS PUNJUNG BAB I.pdf

Download (753kB) | Preview
[img]
Preview
Text
GAGAS PUNJUNG BAB II.pdf

Download (901kB) | Preview
[img] Text
GAGAS PUNJUNG BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)
[img] Text
GAGAS PUNJUNG BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
GAGAS PUNJUNG BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img]
Preview
Text
GAGAS PUNJUNG DAFTRA PUSTAKA.pdf

Download (747kB) | Preview
[img] Text
GAGAS PUNJUNG LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching dibandingkan dengan model non quantum teaching terhadap perbedaan peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Non equivalent (Pre-Test and Post-Test) Control Groups Design. Subyek penelitian adalah siswa kelas V di SD Negeri 1 Tamansari, dengan jumlah siswa sebanyak 58 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Tes berupa soal kognitif pilihan ganda pretest dan posttest yang digunakan untuk mengetahui prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Non tes berupa lembar observasi keaktifan siswa dan lembar angket untuk mengetahui respon keaktifan yang bertujuan untuk memperkuat hasil observasi. Analisis data menggunakan uji Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil uji hipotesis pertama diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,753 > 2,003 menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keaktifan belajar siswa antara siswa yang memperoleh model pembelajaran quantum teaching dan non quantum teaching, rerata N-gain untuk quantum teaching 0,10 atau 10% dan nonquantum teaching 0,06 atau 6%. (2) Hasil uji hipotesis kedua diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,068 > 2,003 menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan prestasi belajar antara siswa yang memperoleh model pembelajaran quantum teaching dan non quantum teaching, rerata N-gain untuk quantum teaching 0,46 atau 46% dan non quantum teaching 0,18 atau 18%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd. dan Badarudin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching, Keaktifan, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 29 Aug 2017 03:27
Last Modified: 29 Aug 2017 03:27
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3616

Actions (login required)

View Item View Item