PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI MENGENAL JENIS-JENIS USAHA DAN KEGIATAN EK ONOMI DI INDONESIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN ROU ND ROBIN (MERESPON BERGILIRAN ) DI KELAS VA SD NEGERI 1 PAJERUKAN

SITI AMINAH, (2016) PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI MENGENAL JENIS-JENIS USAHA DAN KEGIATAN EK ONOMI DI INDONESIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN ROU ND ROBIN (MERESPON BERGILIRAN ) DI KELAS VA SD NEGERI 1 PAJERUKAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img] Text
SIITI AMINAH - COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SIITI AMINAH - BAB I.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SIITI AMINAH - BAB II.pdf

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SIITI AMINAH - BAB III.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SIITI AMINAH - BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SIITI AMINAH - BAB V.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SIITI AMINAH - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SIITI AMINAH - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui metode pembelajaran Round Robin (merespon bergiliran). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 (dua) siklus. Subjek penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VA SD Negeri 1 Pajerukan yang berjumlah 22 peserta didik yang terdiri dari 11 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes evaluasi untuk mengukur prestasi belajar, lembar observasi untuk aktivitas guru dan aktivitas peserta didik, dan angket untuk mengukur rasa percaya diri, analisis datanya secara deskriptif kualitatif dipersentasekan. Berdasarkan hasil penilaian skala sikap rasa percaya diri peserta didik diperoleh rata -rata 3,09 pada siklus I dan meningkat menjadi 4,02 pada siklus II. Berdasarkan penilaian prestasi belajar peserta didik diperoleh nilai rata -rata 6 8,45 dengan ketuntasan belajar 68,18 % pada siklus I, kemudian pada siklus II prestasi belajar peserta didik meningkat dengan diperolehnya nilai rata -rata 7 4,09 dengan ketuntasan belajar 81,82%. Dengan demikian disimpulkan bahwa metode pembelajaran Round Robin (merespon bergiliran) dapat meningkatk an rasa percaya diri dan prestasi belajar IPS peserta didik kelas VA SD Negeri 1 Pajerukan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: 1. Drs. Pamujo, M.M. M.Pd , 2.Okto Wijayanti, S.Pd.M.A
Uncontrolled Keywords: Rasa Percaya Diri, Prestasi Belajar, IPS, Round Robin
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 29 Aug 2017 01:58
Last Modified: 29 Aug 2017 01:58
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3597

Actions (login required)

View Item View Item