PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN ANALISIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 RAWALO

SUSANTI, IKHSAN (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN ANALISIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 RAWALO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
IKHSAN SUSANTI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
IKHSAN SUSANTI BAB I.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IKHSAN SUSANTI BAB II.pdf

Download (545kB) | Preview
[img] Text
IKHSAN SUSANTI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img] Text
IKHSAN SUSANTI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
IKHSAN SUSANTI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img]
Preview
Text
IKHSAN SUSANTI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text
IKHSAN SUSANTI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian dengan judul Pengaruh Pembelajaran Berbasis Praktikum Terhadap Peningkatan Pemahaman dan Keterampilan Analisis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Rawalo telah dilaksanakan pada semester genap pada tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis praktikum terhadap pemahaman dan keterampilan analisis siswa pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pengambilan sampel secara Random Sampling diperoleh kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh terhadap meningkatnya pemahaman dan keterampilan analisis siswa. Hal ini didasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 14,6958 lebih besar dari ttabel = 2,6297 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran berbasis praktikum terhadap peningkatan pemahaman dan keterampilan analisis siswa. Pengaruh terhadap pemahaman siswa ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata sesudah perlakuan sebesar 82. Meningkatnya pemahaman sejalan dengan meningkatnya keterampilan analisis siswa. Peningkatan keterampilan analisis ditunjukkan dari indikator aktivitas keterampilan analisis, meliputi keterampilan mengobservasi objek pada kriteria Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C) berturut-turut 19,68%, 25,45% 31,62%, keterampilan menganalisa objek berturut-turut 18,59%, 23,35%, 38,31%, keterampilan menafsirkan data berturut-turut 17,63%, 21,30%, 36,84%, keterampilan mengintepretasikan data berturut-turut 17,62%, 23,86%, 37,74%, keterampilan menghubungkan konsep berturut-turut 19,63%, 25,91%, 33,73%, keterampilan menyimpulkan konsep berturut-turut 21,72%, 26,48%, 35,96%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis praktikum berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman dan keterampilan analisis siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI IPA SMA N 1 Rawalo.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd. M.Si dan Dini Siswani Mulia,S.Pi.M.Si
Uncontrolled Keywords: keterampilan analisis siswa, mata pelajaran biologi, pemahaman, pembelajaran berbasis praktikum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 29 Aug 2017 01:32
Last Modified: 29 Aug 2017 01:32
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3592

Actions (login required)

View Item View Item