UPAYA MENINGKATKAN SEMANGAT KEBANGSAAN DAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE(VCT)DENGAN PERMAINAN ACAK HURUF DI KELAS V SD NEGERI AJIBARANG KULON

FEBRIYANTI,, TYAS (2017) UPAYA MENINGKATKAN SEMANGAT KEBANGSAAN DAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE(VCT)DENGAN PERMAINAN ACAK HURUF DI KELAS V SD NEGERI AJIBARANG KULON. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (986kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (773kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (535kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya semangat kebangsaan siswa disebabkan oleh beberapa permasalahan diantaranya, siswa kurang gemar membaca materi pelajaran, siswa cenderung menunggu arahan dari guru sehingga kurang mandiri dalam menyelesaikan permasalahan, dan siswa lebih mengenal dan mengidolakan artis zaman sekarang daripada tokoh masyarakat, pahl awan atau kenegaraan. Prestasi belajar yang kurang maksimal dapat dilihat dari perolehan nilai Ujian Tengah Semester (UTS) I beberapa siswa yang nilainya masih di bawah KKM. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) daftar/ matriks penilaian diri sendiri dengan permainan acak huruf. Berdasarkan permasalahan di atas, maka diputuskan untuk melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas V SD Negeri Ajibarang Kulon dengan jumlah 23 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Langkah-langkah penelitian ini mengacu pada langkah-langkah Kemmis dan Mc. Taggart. Prosedur pelaksanaan pada setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, angket skala sikap, lembar evaluasi dan lembar wawancara. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 2,6 dengan kriteria baik dan pada siklus II yaitu 3,1 dengan kriteria baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 2,4 dengan kriteria cukup dan pada siklus II memperoleh rata-rata sebesar 2,69 dengan kriteria baik. Hasil skala sikap semangat kebangsaan pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 2,95 dengan kriteria baik dan pada siklus II memperoleh rata-rata 3,34 dengan kriteria baik. Prestasi belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 72,55 d an presentase ketuntasan belajar sebesar 60,60% dengan kriteria baik, sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata sebesar 81,85 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 80,95% dengan kriteria sangat baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model VCT dengan permainan acak huruf dapat meningkatkan sikap semangat kebangsaan dan prestasi belajar siswa di kelas V SD Negeri Ajibarang Kulon

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd., dan Cicih Wiarsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Semangat Kebangsaan, Prestasi Belajar PKn, Value Clarification Technique(VCT), Permainan Acak Huruf
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 25 Aug 2017 03:36
Last Modified: 25 Aug 2017 03:36
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3563

Actions (login required)

View Item View Item