ANALISIS PEMANFAATAN SUDUT BACA DI LINGKUNGAN SEKOLAH GUNA MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI PADA SISWA DI SD NEGERI POLOMARTO

MASRUROH,, RIZKA VIVIANA (2017) ANALISIS PEMANFAATAN SUDUT BACA DI LINGKUNGAN SEKOLAH GUNA MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI PADA SISWA DI SD NEGERI POLOMARTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (910kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (745kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan sudut baca di SD Negeri Polomarto guna menumbuhkan budaya literasi pada siswa. Penelitian terfokus pada kegiatan literasi yang dilakukan oleh siswa dan guru. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa sebagai subjek penelitian primer, guru dan kepala sekolah sebagai subjek penelitian sekunder. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dimana pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sudut baca di kelas III dan di kelas V dikelola oleh siswa dan guru. Pelaksanaan literasi di SD Negeri Polomarto yaitu dengan kegiatan membaca buku selama 15 menit sebelum proses pembelajaran, pada saat jam istirahat kedua. Guru juga melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan sudut baca kelas. Pelaksanaan literasi di kelas III yaitu setelah selesai membaca buku, siswa disuruh menulis kembali yang sudah dibaca, sedangkan di kelas V setelah selesai membaca, maka siswa disuruh menjelaskan kembali secara lisan yang sudah dibaca di depan teman -temannya. Hambatan pelaksanaan pemanfaatan sudut baca antara lain: a) jumlah koleksi buku bacaan yang terdapat di sudut baca kelas masih kurang; b) beberapa siswa akan membaca buku ketika guru menyuruhnya. Upaya sekolah untuk mengatasi hambatan tersebut ialah : menambah koleksi buku bacaan dari dana bos dan pemberian dari siswa yang sudah lulus dari SD Negeri Polomarto, melakukan kegiatan membaca dan kegiatan pembelajaran di sudut baca kelas, memberikan bimbingan dan motivasi kepada siswa untuk membiasakan membaca dengan memanfaatkan sudut baca kelas saat waktu luang

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd., dan Lia Mareza, M.A.,
Uncontrolled Keywords: literasi, sudut baca, membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 25 Aug 2017 01:42
Last Modified: 25 Aug 2017 01:42
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3559

Actions (login required)

View Item View Item