UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTU LKS MATA PELAJARAN IPA MATERI TANAH KELAS V SDN AJIBARANG WETAN

SUCIARTI,, METI NUR (2017) UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTU LKS MATA PELAJARAN IPA MATERI TANAH KELAS V SDN AJIBARANG WETAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (696kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (584kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Pembelajaran IPA berhubungan tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan sekedar penguasaan kumpulan pengetahuan tetapi juga merupakan suatu proses penemuan . Permasalahan yang mucul dalam kelas adalah kurangnya rasa percaya diri siswa dan rendahnya prestasi belajar. Siswa salin g tunjuk antar siswa lainnya. Kurangnya percaya diri siswa membuat siswa diam dan jarang bertanya pada guru ketika siswa mengalami kesulitan memahami materi. Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SD Negeri Ajibarang Wetan memperoleh hasil yang masih kurang baik Hasil UTS yang didapatkan siswa pada mata pelajaran IPA hanya 5 siswa yang tuntas dengan persentase 19,23% dan 21 siswa tidak tuntas dengan persentase 80,77% memperoleh rata -rata keseluruhan 70,2. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model Learning Cycle 7E berbantu LKS materi tanah kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Objek penelit ian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Ajibarang Wetan yang berjumlah 24 siswa terdiri dari 10 siswa laki -laki dan 14 siswa perempuan. Alat pengumpulan data menggunakan tes evaluasi, lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa serta angket rasa percaya diri siswa. Indikator dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan rasa percaya diri siswa dengan kriteria baik yaitu sebesar 2,50 dan terdapat peningkatan prestasi belajar sekurang -kurangnya 80% dari KKM IPA 75. Hasil penelitian pada pembel ajaran IPA dengan menggunakan model Learning Cycle 7E berbantu LKS dapat meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi belajar siswa. Peningkatan yang terjadi dapat dilihat pada setiap siklusnya. Pada siklus 1 rasa percaya diri siswa memperoleh nilai rata -rata nilai sebesar 2,45 dengan kriteria cukup dan siklus 2 memperoleh nilai rata -rata sebesar 3,36 dengan kriteria sangat baik. Hasil tes evaluasi menunjukan peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Nilai rata -rata siklus 1 pertemuan I y aitu 57,77 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 29,37% dan rata -rata siklus 1 pertemuan II yaitu 68,34 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 54,17%. Nilai rata -rata siswa secara keseluruhan adalah 63,05 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 41,67%, sedangkan pada siklus 2 pertemuan I memperoleh nilai rata -rata 80,56 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 79,17% dan pada siklus 2 pertemuan II memperoleh nilai rata -rata 84,45 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 84,45%. Ni lai rata -rata keseluruhan pada siklus 2 sebesar 82,50 dengan persentase klasikal sebesar 83,33%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model Learning Cycle 7E berbantu LKS dapat meningkatkan rasa percaya diri dan prsetasi belajar siswa mata pelajaran IPA materi tanah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs, Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Lia Mareza, M.A.,
Uncontrolled Keywords: Model Learning Cycle 7E, Percaya diri, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 25 Aug 2017 01:22
Last Modified: 25 Aug 2017 01:22
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3557

Actions (login required)

View Item View Item