PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN TEBAK KATA DI KELAS VB SDN 1 PRIGI

HAYATI,, AZIZAH (2017) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN TEBAK KATA DI KELAS VB SDN 1 PRIGI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (698kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui metode pembelajaran tebak kata di kelas VB SDN 1 Prigi. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas VB SD Negeri 1 Prigi pada semester 1 Tahun ajaran 2016/2017 yang berlangsung di kelas VB pada mata pelajaran IPS materi pelajaran IPS materi pelajaran Perjuangan Memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia dapat diidentifikasikan permasalahan dalam pembelajaran IPS antara lain: siswa masih belum terlihat aktif dalam pembelajaran dan prestasi belajar yang rendah disebabkan rasa ingin tahu terhadap pelajaran yang kurang. Rasa ingin tahu siswa rendah ditandai dengan siswa masih belum terlihat aktif dalam pembelajaran, proses pembelajaran masih didominasi oleh guru dan mengerjakan latihan buku di LKS setelah guru menjelaskan materi. Hal ini menyebabkan siswa menjadi kurang tergali kemampuannya. Sejatinya, usia anak sekolah dasar memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, namun demikian metode pembelajaran di kelas juga mempengaruhi apakah rasa ingin tahu siswa dapat meningkat atau cenderung menurun bahkan menghilang. Prestasi belajar siswa rendah ditandai dengan r ata -rata nilai yang masih dibawah KKM. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SDN 1 Prigi tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 17 siswa terdiri dari 11 laki-laki dan 6 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes/ evaluasi, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar wawancara siswa, dan angket sikap rasa ingin tahu yang diberikan setiap akhir siklus serta dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila peningkatan rasa ingin tahu siswa dari siklus I ke siklus II sekurang-kurangnya kiteria baik dan ketuntasan secara klasikal sekurang-kurangnya 85%. Berdasarkan analisis data menunjukkan adanya meningkatnya rasa ingin tahu dan prestasi belajar. Peningkatan rasa ingin tahu siswa dapat dilihat dari rata-rata 2,48 pada siklus I dengan kriteria cukup menjadi 3,24 pada siklus II dengan kriteria baik. Kemudian peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari rata-rata siklus I yaitu 79,11 dengan presentase ketuntasan 82,36% meningkat pada siklus II dengan rata-rata 93,23 dengan persentase ketuntasan 97,05%. Berdasarkan analisis di atas bahwa penelitian menggunakan metode pembelajaran tebak kata mata pelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd., dan Agung Nugroho, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: rasa ingin tahu, metode pembelajaran tebak kata, prestasi belajar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 25 Aug 2017 00:30
Last Modified: 25 Aug 2017 00:30
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3552

Actions (login required)

View Item View Item