PENERAPAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII DI MTs MUHAMMADIYAH PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

AINI, AIDA NUR (2016) PENERAPAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII DI MTs MUHAMMADIYAH PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Aida Nur Aini_ JUDUL.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Aida Nur Aini_ BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Aida Nur Aini_ BAB II.pdf

Download (498kB) | Preview
[img] Text
Aida Nur Aini_ BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
Aida Nur Aini_ BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
Aida Nur Aini_ BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img]
Preview
Text
Aida Nur Aini_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text
Aida Nur Aini_ LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui upaya meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih kompetensi dasar menjelaskan ketentuan puasa menggunakan strategi peer lessons pada siswa kelas VIII B di MTs Muhammadiyah Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Di dalam penelitian ini proses pengumpulan datanya diperoleh dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis deskriptif komparatif. Dari hasil analisis, kesimpulan yang diperoleh adalah dengan adanya penerapan strategi peer lessons di MTs Muhammadiyah Purwokerto dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil angket minat siswa dengan indikator tingkat perhatian, ketertarikan, dan keterlibatan siswa pada siklus I sebesar 5.4 masuk dalam katagori cukup baik, dan siklus II meningkat menjadi 6.8 masuk dalam katagori baik. Ditambah dengan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran fikih dan beberapa siswa kelas VIII B di MTs Muhammadiyah Purwokerto. Dari hasil wawancara dapat diketahui bahwa dengan adanya strategi pembelajaran peer lessons mampu meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini membuktikan bahwa setelah penerapan startegi peer lessons, minat belajar siswa terhadap pembelajaran fikih semakin meningkat khususnya pada kelas VIII B.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Ibnu Hasan, S.Ag., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Peer Lessons, Minat Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 24 Aug 2017 03:12
Last Modified: 24 Aug 2017 03:12
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3544

Actions (login required)

View Item View Item