PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IV SD NEGERI 1 PENARUBAN

ARDIANTI, PUTRI DWI (2011) PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IV SD NEGERI 1 PENARUBAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_PUTRI DWI ARDIANTI_PGSD'11.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_PUTRI DWI ARDIANTI_PGSD'11.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_PUTRI DWI ARDIANTI_PGSD'11.pdf

Download (671kB) | Preview
[img] Text
BAB III_PUTRI DWI ARDIANTI_PGSD'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img] Text
BAB IV_PUTRI DWI ARDIANTI_PGSD'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img] Text
BAB V_PUTRI DWI ARDIANTI_PGSD'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_PUTRI DWI ARDIANTI_PGSD'11.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_PUTRI DWI ARDIANTI_PGSD'11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peningkatan minat dan prestasi belajar IPA pada materi energi panas dan bunyi melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV SD Negeri 1 Penaruban Kecamatan Bukateja”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD bagi siswa kelas IV SD Negeri 1 Penaruban. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan,observasi,refleksi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Penaruban, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Penaruban, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 14 siswa putra dan 16 siswa putri. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode tes yaitu untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa, metode observasi yaitu untuk mengetahui kemampuan guru dalam proses pembelajaran, dan metode angket yaitu daftar pertanyaan langsung yang diberikan kepada siswa untuk mengetahui minat siswa terhadap pembelajaran IPA. Hasil dari penelitian ini didapatkan prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 72, dan siklus II sebesar 85,3. Data tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD terbukti dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Penaruban Kecamatan Bukateja pada proses pembelajaran mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Subuh Anggoro, S.Pi, M.Si., dan Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Minat, prestasi, kooperatif tipe STAD, PTK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 23 Aug 2017 03:50
Last Modified: 23 Aug 2017 03:50
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3521

Actions (login required)

View Item View Item