PENGEMBANGAN CD PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

PRATAMA, GILANG YUDHA (2012) PENGEMBANGAN CD PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Gilang Yudha COVER.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
GILANG YUDHA BAB I.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
GILANG YUDHA BAB II.pdf

Download (758kB) | Preview
[img] Text
GILANG YUDHA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
GILANG YUDHA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
GILANG YUDHA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
GILANG YUDHA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] Text
GILANG YUDHA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menghasilkan CD Pembelajaran Matematika pada pokok bahasan himpunan berbasis model Problem Based Instruction (PBI), (2) untuk mengetahui kelayakan CD Pembelajaran Matematika pada pokok bahasan himpunan berbasis model Problem Based Instruction (PBI) menurut para ahli, (3) untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap CD Pembelajaran Matematika pada pokok bahasan himpunan berbasis model Problem Based Instruction (PBI). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel (4D). Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kevalidan CD Pembelajaran Matematika pertama dari guru matematika dengan persentase persepsi validator adalah 94%, kedua dari guru bahasa Indonesia dengan persentase persepsi validator adalah 95% dan ketiga dari guru TIK dengan persentase persepsi validator adalah 77%. Ini berarti bahwa CD Pembelajaran Matematika sudah layak digunakan. Hasil respon guru adalah 41. Hasil angket respon siswa menunjukkan bahwa siswa menjawab lebih dari 80% dari jumlah nilai jawaban a dan b. Dengan demikian, CD Pembelajaran Matematika berbasis model Problem Based Instruction (PBI) ini mendapat respon yang baik dari siswa dan dapat membantu guru dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M. Pd, dan Erni Widiyastuti, S. Si, M. Si,
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, CD, Matematika, PBI, Himpunan
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 23 Aug 2017 01:33
Last Modified: 23 Aug 2017 01:33
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3500

Actions (login required)

View Item View Item