UPAYA MENINGKATKAN SEMANGAT KEBANGSAAN DAN PRESTASI BELAJAR PKn PADAKOMPETENSI DASAR CONTOH PERUNDANG-UNDANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS V SD NEGERI 1 JATILAWANG

PUTRI, UPIT NURCAHYANI (2013) UPAYA MENINGKATKAN SEMANGAT KEBANGSAAN DAN PRESTASI BELAJAR PKn PADAKOMPETENSI DASAR CONTOH PERUNDANG-UNDANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS V SD NEGERI 1 JATILAWANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Upit Nurcahyani Putri.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I_Upit Nurcahyani Putri.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II_Upit Nurcahyani Putri.pdf

Download (670kB) | Preview
[img] Text
Bab III_Upit Nurcahyani Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] Text
Bab IV_Upit Nurcahyani Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V_Upit Nurcahyani Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka_Upit Nurcahyani Putri.pdf

Download (535kB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang upaya meningkatkan semangat kebangsaan dan prestasi belajar PKn pada kompetensi dasar contoh perundang-undangan melalui model pembelajaran Talking Stick di kelas V SD Negeri 1 Jatilawang pada bulan November sampai dengan bulan Desember. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan semangat kebangsaan dan prestasi belajar PKn pada kompetensi dasar contoh perundang-undangan melalui model pembelajaran Talking Stick dikelas V SD Negeri 1 Jatilawang kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dalam dua siklus terdapa tperencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan skor semangat kebangsaan siswa adalah 69,2% dengan criteria semangat kebangsaan baik dan prestasi belajar dengan ketuntasan klasikal sebesar 72,85%. Hasil penelitian pada siklus II menunjukan skor semangat kebangsaan siswa sebesar 83,5% dan prestasi belajar dengan ketuntasan klasikal sebesar 85,71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan semangat kebangsaan dan prestasi belajar PKn kelas V SD Negeri 1 Jatilawang kabupaten Banyumas pada kompetensi dasar contoh perundang-undangan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Drs. Pamujo, M.M., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Semangat kebangsaan, Prestasi, Belajar, PKn, Model pembelajaran, Talking Stick
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 21 Aug 2017 04:30
Last Modified: 21 Aug 2017 04:30
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3458

Actions (login required)

View Item View Item