PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 AJIBARANG MELALUI PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING

FRISTIANINGSIH, UMI DWI (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 AJIBARANG MELALUI PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
UMI DWI FRISTIANINGSIH COVER.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UMI DWI FRISTIANINGSIH BAB I.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UMI DWI FRISTIANINGSIH BAB II.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text
UMI DWI FRISTIANINGSIH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img] Text
UMI DWI FRISTIANINGSIH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img] Text
UMI DWI FRISTIANINGSIH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img]
Preview
Text
UMI DWI FRISTIANINGSIH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text
UMI DWI FRISTIANINGSIH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman dan penalaran matematika siswa pada pokok bahasan segiempat dengan menggunakan pembelajaran Penemuan Terbimbing. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Ajibarang yang berjumlah 34 siswa. Hal ini dikarenakan pemahaman dan penalaran matematika siswa di kelas tersebut masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan dimana pertemuan waktunya 2 x 40 menit dan pertemuan kedua waktunya 3 x 40 menit. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Untuk memperoleh data pemahaman dan penalaran matematika dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemahaman dan penalaran. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata aspek pemahaman pada siklus I sebesar 57,16 dengan ketuntasan 35,29% pada siklus II rata – rata sebesar 77,75 dengan ketuntasan 91,18% dan rata – rata aspek penalaran pada siklus I sebesar 55 dengan ketuntasan 38,24% pada siklus II rata – rata sebesar 82,35 dengan ketuntasan 88,24%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan Penemuan Terbimbing dapat meningkatkan pemahaman dan penalaran siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Joko Purwanto, M.Si. dan Eka Setyaningsih S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Penalaran, Penemuan Terbimbing
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 21 Aug 2017 04:25
Last Modified: 21 Aug 2017 04:25
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3457

Actions (login required)

View Item View Item