PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II DI KELAS V SD N 3 LINGGASARI

AFIF, MUHAMMAD (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II DI KELAS V SD N 3 LINGGASARI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Muhammad Afif.pdf

Download (805kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I_Muhammad Afif.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II_Muhammad Afif.pdf

Download (818kB) | Preview
[img] Text
Bab III_Muhammad Afif.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (969kB)
[img] Text
Bab IV_Muhammad Afif.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[img] Text
Bab V_Muhammad Afif.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka_Muhammad Afif.pdf

Download (573kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi perjuangan melawan penjajah dengan menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe Jigsaw II. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Linggasari berjumlah 24 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Setiap pertemuan diadakan evaluasi dengan menggunakan tes atau soal kuis untuk memperoleh data prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 63,54 dengan ketuntasaan klasikal 60,41%, pada siklus II diperoleh rata-rata 73,33 dengan ketuntasan klasikal 87,49%. Untuk peningkatan aktivitas belajar siswa pada kelompok asal pada siklus I diperoleh secara klasikal 57,36% meningkat pada siklus II dengan ketuntasan klasikal 77,23%. Untuk peningkatan aktivitas belajar siswa kelompok ahli pada siklus I sebesar 57,29% meningkat pada siklus II sebesar 75,74%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 3 Linggasari.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo,M.M., M.Pd. dan Muhammad Afandi. S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Prestasi Belajar IPS, Koperatif Jigsaw II
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 21 Aug 2017 03:50
Last Modified: 21 Aug 2017 03:50
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3451

Actions (login required)

View Item View Item