UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 1 SAMPANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER

PUJIASTUTI, MARIANA (2010) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 1 SAMPANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Mariana Pujiastuti.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I_Mariana Pujiastuti.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II_Mariana Pujiastuti.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text
Bab III_Mariana Pujiastuti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
Bab IV_Mariana Pujiastuti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] Text
Bab V_Mariana Pujiastuti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka_Mariana Pujiastuti.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text
Lampiran_Mariana Pujiastuti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Sampnag pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan dan setiap pertemuan alokasi waktunya 2 x 40 menit. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Sampang yang berjumlah 39 siswa yang terdiri atas 13 siswa perempuan dan 26 siswa laki-laki. Pemilihan kelas VII D sebagai subyek dalam penelitian didasarkan masih rendahnya nilai hasil belajar, siswa kurang memiliki keberanian untuk menyampaikan pendapat dan siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktifitas siswa dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS mengalami peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 5 yaitu pada siklus I pertemuan 2 sebesar 69 meningkat pada siklus II pertemuan 2 sebesar 74. Ketuntasan belajar klasikal siswa juga meningkat dari kondisi awal 35% sampai pada siklus II pertemuan 2 yaitu 74%. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I pertemuan 2 adalah 69 dengan ketuntasan belajar sebesar 58% meningkat pada siklus II pertemuan 2 berturut-turut menjadi 74 dengan ketuntasan klasikal 74%. Pada penelitian ini dibandingkan dengan kondisi awal sampai siklus II pertemuan 2 meningkat hasil belajarnya sebesar 39%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mustolikh, M.Si. dan Suwarsito, S.Pi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Model Numbered Head Together, hasil belajar siswa, siswa SMP Negeri 1 Sampang
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 21 Aug 2017 03:45
Last Modified: 21 Aug 2017 03:45
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3450

Actions (login required)

View Item View Item