PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP PENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH BANYUMAS TAHUN AJARAN 2011/2012 SKRIPSI

MUJIANAH, EKA (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP PENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH BANYUMAS TAHUN AJARAN 2011/2012 SKRIPSI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_EKA MUJIANAH_BIOLOGI'12.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_EKA MUJIANAH_BIOLOGI'12.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_EKA MUJIANAH_BIOLOGI'12.pdf

Download (588kB) | Preview
[img] Text
BAB III_EKA MUJIANAH_BIOLOGI'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] Text
BAB IV_EKA MUJIANAH_BIOLOGI'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)
[img] Text
BAB V_EKA MUJIANAH_BIOLOGI'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_EKA MUJIANAH_BIOLOGI'12.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_EKA MUJIANAH_BIOLOGI'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian Eksperimen Dengan Judul Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dan Kemampuan Analisis Siswa Pada Pembelajaran IPA Biologi kelas VII SMP Muhammadiyah Banyumas dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan pengambilan sampel secara random sampling dengan kelas VII A dan VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dan kemampuan analisis siswa pada mata pelajaran IPA menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan kemampuan analisis siswa. Meningkatnya hasil belajar pada kelas eksperimen ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata sebelum perlakuan sebesar 45.60 dan setelah perlakuan sebesar 75.15, hasil belajar lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Meningkatnya hasil belajar siswa sejalan dengan meningkatnya kemampuan analisis siswa. Peningkatan kemampuan analisis siswa ditunjukkan dengan indikator aktivitas kemampuan analisis yang meliputi kemampuan analisis dalam mengobservasi objek biologi pada kriteria sangat baik (SB), baik (B) dan cukup (C) secara urut sebesar 26.82%, 26.92%, dan 19.23%. Kemampuan analisis dalam mengannalisa objek biologi sebesar 23.08%, 30.77%, dan 26.92%. Kemampuan analisis dalam menafsirkan data sebesar 26.92%, 23.08%, dan 26.92%. Kemampuan analisis dalam menginterpretasikan data sebesar 23.08%, 34.62%, dan 23.08%. Kemampuan analisis dalam menghubungkan konsep sebesar 26.92%, 30.77%, dan 30.77%. Kemampuan analisis dalam menyimpulkan konsep sebesar 26.92%, 26.92%, dan 23.08%. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t menunjukkan t hitung = 19.977 t tabel= 1.993. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model PBL (problem based learning) dapat berpengaruh terhadap kemampuan analisis siswa pada pembelajaran IPA Biologi di kelas VII SMP Muhammadiyah Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto, SPd. M Si Drs. Arief Husin, M Si
Uncontrolled Keywords: Hakikat Belajar, Hasil Belajar, Keterampilan Proses, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Ciri Pembelajaran Berbasis Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 18 Aug 2017 07:38
Last Modified: 18 Aug 2017 07:38
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3431

Actions (login required)

View Item View Item