HUBUNGAN PERILAKU BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA KEPERAWATAN PROGRAM STUDI KEPERAWATAN S1 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

ADIKUSUMA, DEDI SETIA (2014) HUBUNGAN PERILAKU BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA KEPERAWATAN PROGRAM STUDI KEPERAWATAN S1 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Dedi Setia Adikusuma COVER.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dedi Setia Adikusuma BAB I.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dedi Setia Adikusuma BAB II.pdf

Download (608kB) | Preview
[img] Text
Dedi Setia Adikusuma BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
Dedi Setia Adikusuma BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
Dedi Setia Adikusuma BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img]
Preview
Text
Dedi Setia Adikusuma DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text
Dedi Setia Adikusuma LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perilaku belajar dengan prestasi akademik mahasiswa Program Studi Keperawatan S1 Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan yang signifikan antara variabel perilaku belajar mahasiswa keperawatan dengan prestasi akademik mahasiswa di Program Studi Keperawatan S1 Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Keperawatan S1 Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang berjumlah 288 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode proportionate stratified random sampling sebanyak 74 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2014. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan terdiri dari dua macam, yaitu analisis univariat dan bivariat. Analisis univariat dilakukan untuk mendeskripsikan perilaku belajar dan prestasi akademik mahasiswa, sedangkan analisi bivariat menggunakan analisis chi square dengan tujuan untuk menganalisis apakah ada hubungan antara perilaku belajar dengan prestasi akademik mahasiswa keperawatan. Hasil penelitian menunjukkan perilaku belajar mahasiswa terbagi dalam tiga kelompok yaitu perilaku sangat baik 18,9%, cukup baik 73%, dan kurang baik 8,1%. Mahasiswa yang memiliki prestasi akademik cum laude sebanyak 8 orang atau 10,9% dan sangat memuaskan 66 orang atau 89,1%. Hasil analisis chi square menunjukkan χ2 hitung 0,908 <χ2 tabel 3,84 dan p value 0.635 >α 0,05 sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara perilaku belajar mahasiswa dengan prestasi akademik mahasiswa pada Program Studi Keperawatan S1 Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: PEMBIMBING I: Kris Linggardini, S.Kep, M.Kep. PEMBIMBING II: Ns. Umi Solikhah, S.Pd, M.Kep.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: perilaku belajar, prestasi akademik, mahasiswa keperawatan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Novia Marantika
Date Deposited: 18 Aug 2017 02:26
Last Modified: 18 Aug 2017 02:26
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3413

Actions (login required)

View Item View Item