UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK BUMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MIND MAP DI KELAS IV SD NEGERI1 TIPARKIDUL

NOVIASTIWI,, OLIYA (2017) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK BUMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MIND MAP DI KELAS IV SD NEGERI1 TIPARKIDUL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (968kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (630kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kurangnya rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik bumi di kelas IV SD Negeri 1 Tiparkidul, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas. Pe nelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan mind map . Kondisi ini dipengaruhi oleh rendahnya aktivitas siswa dalam bertanya, berpendapat dan menjawab pertanyaan dari guru. Prestasi belajar juga terpengaruh, dilihat dari kondisi nilai UTS mata pelajaran IPA dari 36 siswa hanya 7 siswa atau 19.4% yang tuntas KKM >70 sedangkan yang tidak tuntas ada 29 siswa atau 80.5%. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdapat empat tahapan yang dilaksanakan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 36 siswa terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rasa ingin tahu siswa dari persentase nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 77.78% dengan krit eria baik menjadi 86% dengan kriteria sangat baik pada siklus II. Hasil penelitian pada prestasi belajar juga menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar yang memperoleh persentase nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 70.66 dengan ketuntasan belajar 61.11% meningkat pada siklus II menjadi 83.17 denga n ketuntasan belajar 83.33%. Penelitian ini dianggap berhasil karena sudah meme nuhi indikator keberhasilan rasa ingin tahu dan prestasi belajar secara klasikal yaitu sekurang-kurangnya 80%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Agung Nugroho, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: rasa ingin tahu, prestasi belajar siswa, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan mind map, mata pelajaran IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 18 Aug 2017 02:12
Last Modified: 18 Aug 2017 02:12
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3412

Actions (login required)

View Item View Item