PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PEMBENTUKAN TANAH DI KELAS V A MI MUHAMMADIYAH KRAMAT

PRATAMI,, MOLITA MEI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PEMBENTUKAN TANAH DI KELAS V A MI MUHAMMADIYAH KRAMAT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (758kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (647kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa ingin tahu dan prestasi belajar yang rendah. Rasa ingin tahu yang rendah dapat dilihat dari saat proses pembelajaran masih banyak siswa yang bemain sendiri, tidak memperhatikan guru saat pembelajaran. Prestasi belajar siswa rendah dilihat dari ulangan harian kelas V A tahun ajaran 2015/2016 masih banyak nilai di bawah KKM. R asa ingin tahu dan prestasi belajar siswa yang rendah diberikan trea tment yaitu dengan penerapan model kooperat if tipe snowball throwing . Snowball throwing adalah pembelajaran dengan game sehingga siswa akan senang dengan pembelajaran. Penerapan model kooperatif tipe snowball throwing ini diharapkan dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Pembentukan Tanah di kelas V A MI Muhammadiyah Kramat. Penelitian ini dilaksanakan di kelasV MI Muhammadiyah Kramat.jumlah siswa kelas V A MI Muhammadiyah Kramat yaitu 15 siswa yang terdiri dari 8 siswa perempuan dan 7 siswa laki -laki. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penerapan ini berhasil apabila rasa ingin tahu meningkat dan prestasi belajar meningkat minimal 80% dari KKM. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Data rasa ingin tahu siswa diperoleh dari angket dan data prestasi belajar diperoleh dari evaluasi yang diberikan pada setiap pertemuan dalam siklus. Hasil penelitian rasa ingin tahu siswa pada siklus I diperoleh rata -rata 2,93 dengan kriteria baik dan prestasi belajar siswa memperoleh presentase ketuntasan belajar yaitu 6,67% dengan kriteria baik. Peningkatan pada siklus II, rasa ingin tahu dengan rata -rata 3,31 dengan kriteria sangat baik, begitu juga dengan prestasi belajar meningkat. Presentase ketuntasan belajar siswa pada siklus II yaitu 86,67% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa kelas V A MI Muhammadiyah Kramat. Peningkatan rasa ingin tahu ini terlihat pada saat siswa sudah mulai mulai memperhatikan penjelasan guru dengan baik dan siswa juga sudah aktif bertanya atau berdiskusi terkait materi yang belum dipahami. Saat proses pembelajaran berlangsung siswa berani mengungkapkan pendapatnya . Peningkatan prestasi belajar siswa dikarenakan siswa mengikuti pembelajaran dengan baik sehingga hasil evaluasi siswa baik dan memuaskan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn., M.A.,
Uncontrolled Keywords: rasa ingin tahu, prestasi belajar IPA materi Pembentukan Tanah, model kooperatif tipe snowball throwing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 18 Aug 2017 01:58
Last Modified: 18 Aug 2017 01:58
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3411

Actions (login required)

View Item View Item