UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE FIELD TRIP MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 3 LESMANA

DAMAYANTI,, LISA (2017) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE FIELD TRIP MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 3 LESMANA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (994kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (757kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (618kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran Field Trip dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Lesmana materi masalah - masalah sosial di lingkungan setempat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan metode pembelajaran Field Trip . Subje k dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Lesmana yang berjumlah 25 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan yaitu terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi angket, tes, observasi dan dokumentasi. Data sikap rasa ingin tahu siswa diperoleh dari angket rasa ingin tahu, tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil prestasi belajar, serta observasi guru dan siswa diperoleh d ari lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Field Trip pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Lesmana. Peningkatan rasa ingin tahu terlihat dari h asil angket dari siklus I ke siklus II menunjukkan peningkatan sebesar 0,71. Peningkatan sikap ini terlihat dari nilai rata - rata pada siklus I sebesar 2, 85 dengan kriteria baik dan pada siklus II diperoleh nilai rata - rata sebesar 3, 56 termasuk dalam krit eria sangat baik. Peningkatan prestasi belajar pada siklus I ke siklus II sebesar 16%, peningkatan prestasi belajar terlihat dari ketuntasan belajar siswa pada siklus I memperoleh 72% kemudian pada siklus II menjadi 88%. Penerapan metode pembelajaran Field Trip dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D. dan Dhi Bramasta, S.Si.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Metode Pembelajaran Field Trip, IPS.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 18 Aug 2017 01:20
Last Modified: 18 Aug 2017 01:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3408

Actions (login required)

View Item View Item