PENINGKATAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR)MATERI MENGIDENTIFIKASI SIFAT BANGUN RUANG KELAS V

YULIANTI,, DEWI (2017) PENINGKATAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR)MATERI MENGIDENTIFIKASI SIFAT BANGUN RUANG KELAS V. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (924kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (743kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar pada peserta didik mata pelajaran matematika materi mengidentifikasi sifat bangun ruang menggunakan model pembelajaran matematika realistik. Model matematika realistik ini memiliki kelebihan yaitu mengkaitkan dengan realitas kehidupan sehari-hari peserta didik. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Kebanggan yang berjumlah 44 peserta didik. Jenis pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Data hasil penelitian diperoleh dari tes yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar peserta didik, dan hasil observasi selama kegiatan pembelajaran menggunakan lembar observasi aktivitas guru dalam menerapkan Model Matematika Realistik, lembar observasi keaktifan peserta didik, lembar observasi rasa ingin tahu dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, rasa ingin tahu menggunakan dua pengambilan data penggunaan data angket pada siklus I diperoleh rata- rata 3,05 kriteria “baik” sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 3,36 dengan kriteria “sangat baik” data ini juga didukung menggunakan observasi rasa ingin tahu pada siklus I memperoleh rata- rata 3,00 kriteria “baik” sedangkan pada siklus II memperoleh rata -rata 3,33 “sangat baik”. Berdasarkan kedua pengambilan data mengenai rasa ingin tahu mengalami peningkatan dari kriteria baik menjadi sangat baik. Sedangkan prestasi belajar pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 70,62 dengan ketuntasan 61,36% dan siklus II diperoleh rata-rata 78,03 dengan ketuntasan 79,54. Maka dapat disimpulkan sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran matematika realistik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Sri Muryaningsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Matematika, Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 18 Aug 2017 00:58
Last Modified: 18 Aug 2017 00:58
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3407

Actions (login required)

View Item View Item