PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SEKOLAH DASAR

ANAM,, AJI SAROFUL (2017) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (772kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (879kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (965kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (690kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif terhadap ke rjasama dan prestasi belajar siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together dan siswa yang memperoleh pembelajaran Model Non-Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together pada mata pelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 1 Karangjambu. Penelitian ini merupakan peneltian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen semu ( Quasi Eksperimen ) dengan desain nonequvalent control group design . Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Karangjambu. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling . Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas terdiri dari 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes, yaitu angket awal dan angket akhir serta p retest dan posttest . Pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak (pihak kanan). Hasil uji hipotesis pertama dengan cara manual, yaitu t hitung > t tabel , atau 2,226 > 2,021, sedangkan menggunakan SPSS versi 21 yaitu Sig. (2-tailed) < 0,05 atau 0,017 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga menunjukkan bahwa model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together berpengaruh positif terhadap kerjasama siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 1 Karangjambu. Hasil uji hipotesis kedua dengan cara manual, yaitu t hitung > t tabel , atau 3,940 > 2,021, sedangkan menggunakan SPSS versi 21 yaitu Sig. (2-tailed) < 0,05 atau 0,002 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga menunjukkan bahwa model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 1 Karangjambu.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd., dan Agung Nugroho, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together(NHT), Kerjasama, Prestasi Belajar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 18 Aug 2017 00:27
Last Modified: 18 Aug 2017 00:27
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3404

Actions (login required)

View Item View Item