UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 2 PURWOKERTO MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

PRABOWO, TRI (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 2 PURWOKERTO MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Tri Prabowo.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I_Tri Prabowo.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II_Tri Prabowo.pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text
Bab III_Tri Prabowo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img] Text
Bab IV_Tri Prabowo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)
[img] Text
Bab V_Tri Prabowo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka_Tri Prabowo.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text
lampiran_Tri Prabowo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto pada pokok bahasan Teorema Pythagoras melalui pembalajaran berbasis masalah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C Administrasi semester ganjil SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 39 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan, dua kali pertemuan digunakan untuk memberikan materi pelajaran dan satu kali pertemuan diadakan tes untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. setiap siklus meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa digunakan tes kemampuan pemecahan masalah. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 59,94 dengan kriteria cukup baik pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 76,05 dengan kriteria baik. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Erni Widiyastuti, S.Si, M.Si. dan Drs. Ahmad, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemecahan masalah, Pembelajaran berbasis masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 16 Aug 2017 03:41
Last Modified: 16 Aug 2017 03:41
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3401

Actions (login required)

View Item View Item