PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP NEGERI 2 KALIBAGOR KELAS VIII C SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015

SARASPUTRI, MUGI (2015) PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP NEGERI 2 KALIBAGOR KELAS VIII C SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MUGI SARASPUTRI COVER.pdf

Download (951kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MUGI SARASPUTRI BAB I.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MUGI SARASPUTI BAB II.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text
MUGI SARASPUTRI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
MUGI SARASPUTRI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
MUGI SARASPUTRI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img]
Preview
Text
MUGI SARASPUTRI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text
MUGI SARASPUTRI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (991kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh manajemen kelas terhadap mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 2 Kalibagor kelas VIII C semester genap tahun pelajaran 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan rumus statistik. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Kalibagor yang berjumlah 29 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan angket. Metode analisis data menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi. Hasil penelitian ini diperoleh dari perhitungan korelasi product moment dan analisis regresi, untuk nilai “r” product moment rxy sebesar 0,811. Hasil tersebut dikonsultasikan dengan “r” tabel 5% dengan df= 27 sebesar 0,367 sedangkan pada taraf 1% diperoleh “r” tabel sebesar 0,470. Dengan demikian maka rxy>dari “r” tabel baik taraf signifikasi 5% dan 1% atau dengan kata lain 0,811>0,367 dan 0,811>0,470. Dari hasil tersebut dapat dikatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Koefisien rxy sebesar 0,811 berada di antara 0,70-0,90, berarti korelasi antara variabel X dan variabel Y adalah kuat atau tinggi. Ini berarti manajemen kelas mempunyai pengaruh terhadap mutu pembelajaran pendidikan Agama Islam SMP Negeri 2 Kalibagor Kelas VIII C. Sedangkan hasil analisis regresi diperoleh R Square sebesar 0,657. Hal ini menunjukan sumbangan manajemen kelas terhadap mutu pembelajaran sebesar 65,7 % dan sisanya sebesar 34,3 % ditentukan oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Darodjat, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Manajemen kelas; Mutu pembelajaran;
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 09 Jan 2017 03:02
Last Modified: 09 Jan 2017 03:02
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/340

Actions (login required)

View Item View Item