PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI SISTEM PEMERINTAHAN DESA/KELURAHAN DI KELAS IV SD NEGERI CIBUN UPK KARANGLEWAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LUAR KELAS (OUTDOOR LEARNING)

YULIAH, SITI (2014) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI SISTEM PEMERINTAHAN DESA/KELURAHAN DI KELAS IV SD NEGERI CIBUN UPK KARANGLEWAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LUAR KELAS (OUTDOOR LEARNING). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Siti Yuliah.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I_Siti Yuliah.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II_Siti Yuliah.pdf

Download (695kB) | Preview
[img] Text
Bab III_Siti Yuliah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)
[img] Text
Bab IV_Siti Yuliah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[img] Text
Bab V_Siti Yuliah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka_Siti Yuliah.pdf

Download (520kB) | Preview
[img] Text
Lampiran_Siti Yuliah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingintahu dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran LuarKelas (Outdoor Learning). Subjekpenelitian ini adalah siswa kelas IV SD Neger Cibun Kecamatan Karanglewas yang berjumlah 7siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan dan setiap pertemuan 2 x 35 menit. Setiapsiklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk mengukur kemampuan siswa dalam penguasaan materi pelajaran yang telah diberikan, pada setiap pertemuan siklus I dan II diadakan evaluasi dengan menggunakan tes tertulis yang terdiri dari 5 butir soaluraian, sedangkan untukmengetahui seberapa besar rasa ingintahu siswa dalam pembelajaran PKn, siswa diminta mengisi angketrasa ingintahu pada setiap akhir siklsus. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian pada pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) dapat meningkatkan rasa ingintahu dan prestasi belajar siswa. Untuk jumlah nilai rasa ingintahu siswa pada siklus I yaitu 19,5dengankriteria rasa ingintahu cukup dan meningkat pada siklus II yaitu 26,0 dengan kriteria rasa ingintahu baik. Sedangkan nilai tes evaluasi siklus I persentase ketuntasan sebesar 71% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 86%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr.H. Sri Harmianto, M.Pd. dan Drs. Sony Irianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Rasa InginTahu dan Prestasi Belajar, Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning), dan Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 16 Aug 2017 03:22
Last Modified: 16 Aug 2017 03:22
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3399

Actions (login required)

View Item View Item