PENINGKATAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN PROSES BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT MELALUI PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS VIID DI SMP NEGERI 2 KALIMANAH

RAHAYU, LATIFAH DWI (2012) PENINGKATAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN PROSES BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT MELALUI PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS VIID DI SMP NEGERI 2 KALIMANAH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_LATIFAH DWI RAHAYU_MATEMATIKA'12.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_LATIFAH DWI RAHAYU_MATEMATIKA'12.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_LATIFAH DWI RAHAYU_MATEMATIKA'12.pdf

Download (608kB) | Preview
[img] Text
BAB III_LATIFAH DWI RAHAYU_MATEMATIKA'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)
[img] Text
BAB IV_LATIFAH DWI RAHAYU_MATEMATIKA'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_LATIFAH DWI RAHAYU_MATEMATIKA'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_LATIFAH DWI RAHAYU_MATEMATIKA'12.pdf

Download (562kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_LATIFAH DWI RAHAYU_MATEMATIKA'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan keterampilan proses belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa SMP Negeri 2 Kalimanah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Kalimanah yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanankan dalam 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2x pertemuan dengan alokasi waktu 2 x 40 menit pada pertemuan pertama dan 3 x 40 menit pada pertemuan kedua. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Untuk memperoleh data motivasi dan keterampilan proses belajar matematika dalam penelitian ini menggunakan lembar angket motivasi belajar, lembar observasi keterampilan proses dan tes keterampilan proses belajar. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata motivasi belajar pada siklus I sebesar 50,54, pada siklus II sebesar 58,26, dan pada siklus III sebesar 64,25. Rata-rata keterampilan proses dari hasil observasi dan tes pada siklus I sebesar 47,84, pada siklus II sebesar 63,59, dan pada siklus III sebesar 84,35. Dengan ketuntasan belajar siklus III sebesar 100%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan proses belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandarji, S.Si, M.Si, dan Drs. Kusno. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Keterampilan Proses dan STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 16 Aug 2017 01:52
Last Modified: 16 Aug 2017 01:52
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3388

Actions (login required)

View Item View Item