UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN JEMBATAN BUAYA PADA ANAK KELOMPOK A TK BA AISYIYAH KALIKABONG KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014 - 2015

ANDRIYANI, RINI (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN JEMBATAN BUAYA PADA ANAK KELOMPOK A TK BA AISYIYAH KALIKABONG KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014 - 2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Rini Andriyani.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I_Rini Andriyani.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II_Rini Andriyani.pdf

Download (743kB) | Preview
[img] Text
Bab III_Rini Andriyani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)
[img] Text
Bab IV_Rini Andriyani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)
[img]
Preview
Text
Bab V_Rini Andriyani.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka_Rini Andriyani.pdf

Download (581kB) | Preview

Abstract

Upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan jembatan buaya pada anak kelompok A TK BA Aisyiyah Kalikabong Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga Semester Genap Tahun Ajaran 2014-2015. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan jembatan buaya pada anak didik kelompok A TK BA Aisyiyah Kalikabong tahun ajaran 2014-2015. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok A TK BA Aisyiyah Kalikabong yang berjumlah 22 anak. Penelitian ini merupakan Penelian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data hasil belajar, peneliti ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi, sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kemampuan motorik kasar anak, lembar observasi kemampuan guru, lembar observasi aktifitas belajar anak didik. Analisi data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat diketahuibahwa: pada awal perkembangan sebelumpenelitian tindakan kelas dilaksanakan, maka kemampuan motorik kasar pada anak didik dapat dijelaskan sebagai berikut: dari 22 siswa, 12 siswa (54%) dinyatan belum berkembang dalam motorik kasarnya (BB) dalam kemampuan motorik kasarny, 7 siswa (32%) termasuk dalam kategori mulai berkembang (MB), 3 siswa ( 14%) termasuk kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Pada pembelajaran siklus I kemampuan motorik kasar pada anak didik dapat dijelaskan sebagai berikut: dari 22 siswa, 8 siswa (37%) dinyatakan belum berkembang motorik kasarnya(BB), 4 siswa (18%) termasuk kategori mulau berkembang (MB), 6 siswa (27%) termasuk kategori berkembang sesuai harapan (BSH), dan 4 siswa (18%) termasuk kategori berkembang sangat baik (BSB). Pada pembelajaran siklus II, kemampuan motorik kasar pada anak didik dapat dijelaskan sebagai berikut: dari 22 siswa,3 siswa (14%) termasuk kategori mulai berkembang (MB), 11 siswa (50%) termasuk kategori berkembang sesuai harapan (BSH), dan 8 siswa (36%) termasuk kategori berkembang sangat baik (BSB). Tindakan lanjut dari hasil penelitian ini adalah: pemberbaiki pembelajaran dimana pembelajaran jangan selalu dilakukan diruang kelas tetapi pembelajaran diluar kelas dengan menggunakanpermainan jembatam buaya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pambudi Rahardjo, S.Psi.,M.Si. dan Labib Sajawandi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Motorik Kasar Anak, Permainan Jembatan Buaya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 16 Aug 2017 01:36
Last Modified: 16 Aug 2017 01:36
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3384

Actions (login required)

View Item View Item