UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA SETEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

PRADESTI, ARIN NUGRAHITA (2016) UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA SETEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ARIN NUGRAHITA_PGSD'16.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ARIN NUGRAHITA_PGSD'16.pdf

Download (916kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ARIN NUGRAHITA_PGSD'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III_ARIN NUGRAHITA_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_ARIN NUGRAHITA_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_ARIN NUGRAHITA_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ARIN NUGRAHITA_PGSD'16.pdf

Download (821kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_ARIN NUGRAHITA_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui model pembelajaran ARIAS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 (dua) siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Linggasari yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes evaluasi untuk mengukur prestasi belajar, lembar observasi untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan angket untuk mengukur rasa percaya diri, analisis datanya secara deskriptif kualitatif dipersentasekan. Berdasarkan hasil penilaian skala sikap rasa percaya diri siswa diperoleh rata-rata skor pada siklus I sebesar 3,53 dan meningkat menjadi 3,69 pada siklus II. Berdasarkan penilaian prestasi belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 65,8 dengan ketuntasan belajar 58% pada siklus I, kemudian pada siklus II prestasi belajar siswa meningkat dengan diperolehnya nilai rata-rata 79,4 dengan ketuntasan belajar 81%. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 3 Linggasari.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd., dan Cicih Wiarsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Percaya Diri, Prestasi Belajar IPS, Model Pembelajaran ARIAS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 16 Aug 2017 00:39
Last Modified: 16 Aug 2017 00:39
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3373

Actions (login required)

View Item View Item