PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI KEDAWUNG 5

WIBOWO, ANTON ADI (2016) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI KEDAWUNG 5. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ANTON ADI WIBOWO_PGSD'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ANTON ADI WIBOWO_PGSD'16.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ANTON ADI WIBOWO_PGSD'16.pdf

Download (821kB) | Preview
[img] Text
BAB III_ANTON ADI WIBOWO_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_ANTON ADI WIBOWO_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_ANTON ADI WIBOWO_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ANTON ADI WIBOWO_PGSD'16.pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_ANTON ADI WIBOWO_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dengan judul penerapan metode demonstrasi berbantu media video untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Kedawung 5 dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPA siswa masih rendah. Hal ini disebabkan oleh faktor guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif dan psikomotor pada materi proses pembentukan tanah dengan menggunakan metode demonstrasi berbantu media video. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Setiap pertemuan diadakan evaluasi dengan menggunakan tes. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kedawung 5 yang berjumlah 21 siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian pada pembelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi berbantu media video dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar ranah kognitif siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 66,6% menjadi 95,2%. Hasil belajar ranah afektif mengalami kenaikan dari siklus I 67,38% menjadi 91,19%. pada siklus II. Dan hasil belajar ranah psikomotor siklus I 71,23%, dan meningkat menjadi 91,46% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa Metode Demonstrasi berbantu Media Video dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SD Negeri Kedawung 5.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Cicih Wiarsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Proses Pembentukan Tanah, Metode Demonstrasi, Media Video
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 16 Aug 2017 00:34
Last Modified: 16 Aug 2017 00:34
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3372

Actions (login required)

View Item View Item