UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADASUBTEMA ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIKMELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KARANGLEWAS LOR

MUSTOFA, ICHWANUL (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADASUBTEMA ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIKMELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KARANGLEWAS LOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ICHWANUL COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ICHWANUL BAB I.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ICHWANUL BAB II.pdf

Download (720kB) | Preview
[img] Text
ICHWANUL BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ICHWANUL BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ICHWANUL BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img]
Preview
Text
ICHWANUL DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (582kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Subtema 2Organ Tubuh manusia dan hewan melalui pendekatan saintifik dengan model problem based learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Karanglewas LorKecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas dengan jumlah 29 siswa yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian pada pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa ranah kognitif mengalami peningkatan yaitu pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,71 dengan persentase ketuntasan 62,07% meningkat menjadi nilai rata-rata 85,81 dengan persentase ketuntasan 86,20% pada siklus II. Hasil belajar siswa ranah afektif mengalami peningkatan dari siklus I diperoleh 71,75% menjadi 80,81% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa ranah psikomotor meningkat dari 64,94% pada siklus I menjadi 81,29% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik menggunakan pendekatan saintifik dengan model problem based learningdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1Karanglewas LorKecamatan Purwokerto Barat Kabupaten BanyumasTahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Drs. Pamujo, M.M.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Subtema 2Organ Tubuh manusia dan hewan; Pendekatan Saintifik; Model problem based learning;
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 09 Jan 2017 02:16
Last Modified: 09 Jan 2017 02:16
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/337

Actions (login required)

View Item View Item