UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK POKOK-POKOK BERITA DENGAN METODE SNOWBALL THROWLING PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 KEMANGKON TAHUN AJARAN 2010-2011

AMSIYAH, - (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK POKOK-POKOK BERITA DENGAN METODE SNOWBALL THROWLING PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 KEMANGKON TAHUN AJARAN 2010-2011. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
AMSIYAH COVER.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AMSIYAH BAB I.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AMSIYAH BAB II.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text
AMSIYAH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] Text
AMSIYAH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text
AMSIYAH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img]
Preview
Text
AMSIYAH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (478kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul: UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK POKOK-POKOK BERITA DENGAN METODE SNOWBALL THROWLING PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 KEMANGKON TAHUN AJARAN 2010-2011, merupakan suatu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan kemampuan menyimak pokok-pokok berita dengan menggunakan metode snowball throwling pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kemangkon Tahun Ajaran 2010-2011. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A yang berjumlah 39 siswa, dengan siswa laki-laki dan siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, yang ditempuh selama empat kali pertemuan, dengan alokasi waktu setiap pertemuan 2 x 40 menit. Masing-masing siklus dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan data yaitu teknik tes dan nontes. Teknik tes meliputi pre test dan post test, yang digunakan untuk menilai kemampuan menyimak siswa. Sedangkan teknik nontes menggunakan observasi yang digunakan untuk mengamati tindakan guru dan tindakan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Pada siklus 1, menyimak berita untuk menemukan pokok-pokok berita melalui berkelompok dan menyimak teks berita oleh ketua kelompoknya dengan menggunakan metode snowboll throwling. Pada siklus II juga menggunakan teks berita untuk dijadikan bahan menyimak dan menemukan pokok berita dengan menggunakan dengan menggunakan metode snowboll throwling. Hasil penelitian ini menunjukkan suatu peningkatan pada setiap siklusnya. Pada pre test nilai rata-rata kelas 56,48 dan yang mencapai tuntas belajar 8 siswa atau 20,51%. Setelah dilakukan siklus I, dengan menggunakn snowball thworling maka rata-rata kelas meningkat menjadi 64,15 dan yang mencapai tuntas belajar 17 siswa atau 43,48%. Kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi rata-rata kelas 75,60 dan yang mencapai tuntas belajar 31 siswa atau 81,57%. Dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode snowboll throwling dapat meningkatkan kemampuan menyimak pokok-pokok berita siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kemangkon Tahun Ajaran 2010-2011.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Kuntoro, M.Hum, dan Dra. Isnaeni Praptanti, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: MENINGKATKAN KEMAMPUAN; MENYIMAK POKOK-POKOK BERITA; METODE SNOWBALL THROWLING
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 15 Aug 2017 02:02
Last Modified: 15 Aug 2017 02:02
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3366

Actions (login required)

View Item View Item