PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI DI SEKOLAH & MASYARAKAT MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING INQUIRY DI KELAS V SD NEGERI DANASRI KARANG LEWAS

SUNDARI, WINDI (2012) PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI DI SEKOLAH & MASYARAKAT MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING INQUIRY DI KELAS V SD NEGERI DANASRI KARANG LEWAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
WINDI SUNDARI COVER.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
WINDI SUNDARI BAB I.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
WINDI SUNDARI BAB II.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text
WINDI SUNDARI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img] Text
WINDI SUNDARI BAB Iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB)
[img] Text
WINDI SUNDARI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img]
Preview
Text
WINDI SUNDARI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (547kB) | Preview
[img] Text
WINDI SUNDARI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa mata pelajaran PKn materi Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat melalui pendekatan kontekstual atau Contextual Teaching and Learning Inquiry. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD N Danasri dengan jumlah siswa 25. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri 2 pertemuan, 1 pertemuan terdiri 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan lembar observasi partisipasi siswa. Untuk memperoleh data prestasi belajar menggunakan lembar evaluasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian prestasi belajar siklus I diperoleh rata-rata nilai 68 dengan ketuntasan 42% dan siklus II diperoleh rata-rata nilai 85,8 dengan ketuntasan 90%. Hasil pengamatan partisipasi siswa diperoleh persentase nilai rata-rata siklus I sebesar 61,99% dan siklus II sebesar 79,35%. Sedangkan hasil pengamatan aktivitas guru diperoleh persentase nilai rata-rata siklus I sebesar 79,86% dan siklus II sebesar 90,97%. Dengan demikian disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual atau Contextual Teaching and Learning Inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar dan partisipasi siswa mata pelajaran PKn kelas V SDN Danasri.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Afandi, S.Pd., M.Pd. dan Drs. Pamujo, M.M. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Prestasi, CTL Inquiry, PKn
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 15 Aug 2017 01:21
Last Modified: 15 Aug 2017 01:21
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3360

Actions (login required)

View Item View Item