INTERAKSI SOSIAL ANTARSISWA DALAM PEMBELAJARAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN 1 GRENDENG

NURHAYATI, VISI (2014) INTERAKSI SOSIAL ANTARSISWA DALAM PEMBELAJARAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN 1 GRENDENG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
VISI NURHAYATI COVER'.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
VISI NURHAYATI BAB I.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
VISI NURHAYATI BAB II.pdf

Download (655kB) | Preview
[img] Text
VISI NURHAYATI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] Text
VISI NURHAYATI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
VISI NURHAYATI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img]
Preview
Text
VISI NURHAYATI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (594kB) | Preview

Abstract

Interaksi antarsiswa dalam proses pembelajaran terjadi beraneka ragam baik bersifat integrasi maupun disintegrasi. Bentuk interaksi sosial yang terwujud menentukan iklim sosial yang terjalin di dalamnya dan memberikan implikasi. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana bentuk interaksi sosial antarsiswa dalam pembelajaran di kelas IV SDN 1 Grendeng dan bagaimana implikasi interaksi sosial antarsiswa terhadap motivasi belajar siswa di kelas IV SDN 1 Grendeng. Tujuan dilakukannya penelitian adalah mengidentifikasi bentuk interaksi sosial antarsiswa dalam pembelajaran di kelas IV SDN 1 Grendeng dan mengetahui implikasi interaksi sosial antarsiswa terhadap motivasi belajar siswa di kelas IV SDN 1 Grendeng. Manfaat penelitian digunakan secara teoritis bagi yang membutuhkan dan secara praktis bagi siswa, sekolah, guru, dan peneliti. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode penelitian ini adalah deskriptif, yaitu pengumpulan data berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Grendeng dan subjek penelitian adalah seluruh siswa di kelas IV sejumlah 40 siswa. Siswa dan guru menjadi informan pengambilan data. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumen yang meliputi sosiometri, catatan lapangan, dokumen pribadi siswa dan vidio, rekaman,foto. Analisis yang digunakan adalah analisis model Miles and Huberman yang terdiri dari data collection, data reduction, data display, dan conclusion. Triangulasi teknik digunakan sebagai teknik keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga bentuk interaksi antarsiswa, yaitu kerjasama, persaingan, dan konflik. Bentuk interaksi yang dilakukan tidak hanya melatarbelakangi hubungan sosial antar siswa, namun memberikan implikasi positif dan negatif bagi motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Enuh Zaenuddin, M.A. dan Santhy Hawanti,P.hD.
Uncontrolled Keywords: interaksi sosial antarsiswa, motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 15 Aug 2017 01:05
Last Modified: 15 Aug 2017 01:05
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3355

Actions (login required)

View Item View Item