PENGEMBANGAN MODUL PADA MATERI SEGI EMPAT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK SISWA KELAS VII SMP

SEPTIANI, TRI (2011) PENGEMBANGAN MODUL PADA MATERI SEGI EMPAT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK SISWA KELAS VII SMP. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
TRI SEPTIANI COVER.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TRI SEPTIANI BAB I.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TRI SEPTIANI BAB II.pdf

Download (771kB) | Preview
[img] Text
TRI SEPTIANI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] Text
TRI SEPTIANI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] Text
TRI SEPTIANI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img]
Preview
Text
TRI SEPTIANI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (523kB) | Preview
[img] Text
TRI SEPTIANI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk : 1) menghasilkan modul pada materi segi empat dengan model pembelajaran discovery 2) mengetahui kevalidan dari modul pada materi segi empat dengan model pembelajaran discovery 3) untuk mengetahui respon siswa dan respon guru terhadap modul pada materi segi empat dengan model pembelajaran discovery. Proses pengembangan modul ini menggunakan model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan serta Semmel dan semmel yang meliputi 4 tahap, antara lain tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun pengembangan modul pada penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan saja. Pada pengembangan ini telah dihasilkan modul pada materi segi empat dengan model pembelajaran discovery untuk siswa kelas VII SMP. Kevalidan modul mendapat kategori sangat valid (4,3), respon guru terhadap modul mendapat kategori membantu (3,7), dan respon siswa terhadap modul dapat dikatakan positif karena mayoritas siswa menyatakan senang, jelas, dan tertarik terhadap modul. Sehingga modul pada materi segi empat dapat digunakan untuk pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, S.Si, M.Si dan Drs. Ahmad, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Modul, Model pembelajaran discovery, dan model pengembangan 4-D Thiagarajan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 15 Aug 2017 00:43
Last Modified: 15 Aug 2017 00:43
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3347

Actions (login required)

View Item View Item