PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) POKOK BAHASAN FUNGSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK SISWA SMP

SUSILOWATI, . (2011) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) POKOK BAHASAN FUNGSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK SISWA SMP. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SUSILOWATI COVER.pdf

Download (18MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUSILOWATI BAB I.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUSILOWATI BAB II.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text
SUSILOWATI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] Text
SUSILOWATI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
SUSILOWATI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img]
Preview
Text
SUSILOWATI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (513kB) | Preview
[img] Text
SUSILOWATI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan LKS pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk siswa SMP, 2) Mengetahui kelayakan dan kevalidan dari pengembangan LKS pokok bahasan fungsi dengan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk siswa SMP, dan 3) Mengetahui respon guru dan siswa terhadap LKS pokok bahasan fungsi dengan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk siswa SMP. Pelaksanaan uji coba pengembangan LKS pokok bahasan fungsi dengan model pembelajaran CPS adalah di SMP Purnama Sumpiuh kelas VIII dengan jumlah 20 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. LKS yang dikembangkan menggunakan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan Sammel dan Sammel, yaitu define, design, develop,dan disseminate, akan tetapi pengembangan dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Dimana pada tahap develop LKS telah dinilai baik dan valid serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran oleh validator. Instrumen penelitian terdiri atas angket lembar validasi LKS, lembar angket respon guru, dan lembar angket respon siswa. Nilai persentase persepsi validator terhadap LKS sebesar 75,29% dengan kriteria valid. Adapun nilai persentase persepsi guru terhadap pembelajaran menggunakan LKS mencapai 78% dengan kriteria membantu dalam proses pembelajaran, guru memberikan respon baik dan merasa terbantu dalam pembelajaran mengunakan LKS dengan model CPS. Sedangkan hasil respon siswa terhadap LKS adalah positif, siswa merasa senang belajar matematika dengan menggunakan LKS.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, S.Si., M.Si dan Drs. Ahmad, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Fungsi, Model pembelajaran CPS, Lembar Kerja Siswa, Respon guru, respon siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 15 Aug 2017 00:35
Last Modified: 15 Aug 2017 00:35
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3343

Actions (login required)

View Item View Item