REFERENSI DAN INFERENSI PADA WACANA SLOGAN IKLAN PRODUK KEBUTUHAN BAYI DAN ANAK DI TELEVISI PERIODE MARET 2016

NOVITASARI, TITI DWI (2016) REFERENSI DAN INFERENSI PADA WACANA SLOGAN IKLAN PRODUK KEBUTUHAN BAYI DAN ANAK DI TELEVISI PERIODE MARET 2016. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_TITI DWI NOVITASARI_PBSI'16.pdf

Download (980kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_TITI DWI NOVITASARI_PBSI'16.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_TITI DWI NOVITASARI_PBSI'16.pdf

Download (780kB) | Preview
[img] Text
BAB III_TITI DWI NOVITASARI_PBSI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)
[img] Text
BAB IV_TITI DWI NOVITASARI_PBSI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)
[img] Text
BAB V_TITI DWI NOVITASARI_PBSI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_TITI DWI NOVITASARI_PBSI'16.pdf

Download (611kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_TITI DWI NOVITASARI_PBSI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Referensi dan Inferensi pada Wacana Slogan Iklan Kebutuhan Bayi dan Anak di Televisi Peroode Maret 2016”bertujuan untuk mendeskripsikan jenis referensi dan inferensi pada wacana slogan iklan kebutuhan bayi dan anak di televisi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa wacana slogan iklankebutuhan bayi dan anak di televisi. Data diambil pada tanggal 18 Maret 2016 – 30 Maret 2016, data dalam penelitian ini berjumlah 26 wacana slogan iklan kebutuhan bayi dan anak di televisi. Sumber data dalam penelitian ini adalah iklan kebutuhan bayi dan anak di televisi. Penelitian ini menggunakan tiga tahap penelitian yaitu tahap penyediaan data, tahap penganalisisan data, dan tahap penyajian hasil analisis. Pada tahap penganalisisan data peneliti menggunakan metode padan pragmatis. Dalam penelitian ini metode padan diterapkan dengan teknik Pilah Unsur Penentu atau PUP sebagai teknik dasar. Dengan teknik Pilah Unsur Penentu atau PUP peneliti menghubungkan unsur-unsur kebahasaan dalam slogan dengan acuannya (referen) untuk mengetahui wacana slogan iklan kebutuhan bayi dan anak termasuk pada referensi eksofora atau referensi endofora. Dengan teknik Pilah Unsur Penentu atau PUP pula peneliti menghubungkan wacana slogan dengan konteksnya, baik konteks situasi maupun konteks budaya, sehingga dapat menarik informasi yang tepat mengenai maksud slogan tersebut. Peneliti memperoleh hasil bahwa 26 wacana slogan iklan kebutuhan bayi dan anak di televisi seluruh wacana berisi referensi dan inferensi. Bentuk referensi pada wacana slogan iklan kebutuhan bayi dan anak didominasi referensi eksofora (23 data). Terdapat 23 wacana slogan iklan kebutuhan bayi dan anak termasuk referensi eksofora, 2 wacana slogan iklan kebutuhan bayi dan anak termasuk referensi endofora anafora, dan 1 wacana slogan iklan kebutuhan bayi dan anak termasuk referensi endofora katafora

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Tutut Tugiati, M.Hum., dan Dra. Noorliana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: referensi, inferensi, dan wacana slogan iklan produk kebutuhan bayi dan anak
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 07 Jan 2017 04:28
Last Modified: 07 Jan 2017 04:28
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/334

Actions (login required)

View Item View Item