MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 PATIKRAJA MELALUI PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL)

SUSANTI, DWI (2012) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 PATIKRAJA MELALUI PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DWI SUSANTI COVER.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI SUSANTI BAB I.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI SUSANTI BAB II.pdf

Download (562kB) | Preview
[img] Text
DWI SUSANTI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img] Text
DWI SUSANTI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (823kB)
[img] Text
DWI SUSANTI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bertanya dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Patikraja melalui pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Patikraja yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk memperoleh data keterampilan bertanya dan prestasi belajar siswa, dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi keterampilan bertanya dan tes yang diberikan setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut: pada siklus I aspek isi pertanyaan memperoleh rata-rata 1,5 , aspek teknik bertanya memperoleh rata-rata 1,54 dan prestasi belajar siswa memperoleh ratarata 58,28 dengan ketuntasan belajar 46,875%. Pada siklus II aspek isi pertanyaan memperoleh rata-rata 1,78, aspek teknik bertanya memperoleh rata-rata 1,675, dan prestasi belajar siswa memperoleh rata-rata 65,22 dengan ketuntasan belajar 47,222%. Pada siklus III aspek isi pertanyaan memperoleh rata-rata 2,06, aspek teknik bertanya memperoleh rata-rata 1,75 dan prestasi belajar siswa memperoleh rata-rata 79,14 dengan ketuntasan belajar 88,57%. Dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) keterampilan bertanya dan prestasi belajar matematika siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Joko Purwanto, M.Si, dan Eka Setyaningsih, S.Si., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Keterampilan bertanya, Prestasi Belajar, Pembelajaran SAVI.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 15 Aug 2017 00:25
Last Modified: 15 Aug 2017 00:25
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3339

Actions (login required)

View Item View Item