STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DENGAN SISWA YANG MENGIKUTI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING

WINARSIH, RAHMI (2014) STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DENGAN SISWA YANG MENGIKUTI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
RAHMI WINARSIH COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RAHMI WINARSIH BAB I.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RAHMI WINARSIH BAB II.pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RAHMI WINARSIH BAB III.pdf

Download (748kB) | Preview
[img] Text
RAHMI WINARSIH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)
[img] Text
RAHMI WINARSIH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img]
Preview
Text
RAHMI WINARSIH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (592kB) | Preview
[img] Text
RAHMI WINARSIH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui capaian kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran Guided Discovery, (2) untuk mengetahui capaian kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining, (3) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kemangkon. Sampel diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan pembelajaran Guided Discovery dan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan pembelajaran Student Facilitator and Explaining.Teknikpengumpulan data menggunakan tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t dua sampel independen. Hasil penelitian diperoleh pembelajaran Guided Discovery memberikan hasil yang optimal terhadap capaian kemampuan pemahaman konsep matematika sisw sedangkan pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining belum memberikan hasil yang optimal terhadap capaian kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Hasil uji hipotesis menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran Guided Discovery dengan siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M.Pd dan Chumaedi Sugihandardji, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: StudiKomparsi, Pemahaman Konsep Matematika, Guided Discovery dan Student Facilitator and Explaining
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 15 Aug 2017 00:21
Last Modified: 15 Aug 2017 00:21
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3338

Actions (login required)

View Item View Item