PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (Think-Pair-Share) PADA KELAS VII E SMP NEGERI 2 KALIBAGOR

PUSPITA, PRILIANZY SANNY LANDRA (2013) PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (Think-Pair-Share) PADA KELAS VII E SMP NEGERI 2 KALIBAGOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
PRILIANZY SANNY LANDRA PUSPITA COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PRILIANZY SANNY LANDRA PUSPITA BAB I.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PRILIANZY SANNY LANDRA PUSPITA BAB II.pdf

Download (755kB) | Preview
[img] Text
PRILIANZY SANNY LANDRA PUSPITA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (991kB)
[img] Text
PRILIANZY SANNY LANDRA PUSPITA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
PRILIANZY SANNY LANDRA PUSPITA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img]
Preview
Text
PRILIANZY SANNY LANDRA PUSPITA DFTAR PUSTAKA.pdf

Download (604kB) | Preview
[img] Text
PRILIANZY SANNY LANDRA PUSPITA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) pada pokok bahasan himpunan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP N 2 Kalibagor yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang terdiri 3 pertemuan disetiap siklusnya, setiap siklus dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar observasi partisipasi serta angket partisipasi, untuk data prestasi diperoleh dengan menggunakan tes evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata partisipasi dan prestasi belajar matematika siswa mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata partisipasi yaitu pada siklus I sebesar 59,77%, siklus II 64,92% dan pada siklus III meningkat menjadi 72,05%. Peningkatan prestasi belajar matematika dibuktikan dengan adanya rata-rata nilai tes evaluasi disiklus I sebesar 43,36, siklus II 62,17 dan pada siklus III meningkat menjadi 75,59. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Kalibagor.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, S.Si, M.Si dan Drs.Joko Purwanto, M.Si
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Prestasi Belajar, TPS(Think Pair Share)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 15 Aug 2017 00:08
Last Modified: 15 Aug 2017 00:08
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3336

Actions (login required)

View Item View Item