PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN APLIKASI PEKKU BERBASIS MIND MAPPING DI KELAS V SEKOLAH DASAR KECAMATAN KEBASEN

MUKHOLIFAH,, TRIA ROBIATUL (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN APLIKASI PEKKU BERBASIS MIND MAPPING DI KELAS V SEKOLAH DASAR KECAMATAN KEBASEN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (910kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (637kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran IPS menggunakan aplikasi Pekku berbasis Mind Mapping di kelas V Sekolah Dasar yang bermanfaat untuk: 1) mengetahui kondisi faktual penggunaan media pembelajaran IPS di sekolah dasar sebelum di lakukan pengembangan, 2) mengetahui karakteristik media pembelajaran menggunakan aplikasi Pekku, 3) mengetahui respon guru terhadap pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi Pekku, 4) mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan media p embelajaran menggunakan aplikasi Pekku, 5) mengetahui pengaruh pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi Pekku terhadap prestasi belajar peserta didik di kelas V Sekolah Dasar. Prosedur penelitian menggunakan model Borg dan Gall, yang terdiri da ri: 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) merevisi hasil uji coba, 6) uji coba lapangan, 7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan, 8) uji pelaksanaan lapangan, dan 9) penyempur naan produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan tes ( pre test, post test ) dan non tes meliputi angket validasi ahli, angket respon guru, angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penggunaan media di sekolah dasar kecamatan K ebasen masih belum optimal , 2) karakteristik media pembelajaran IPS menggunakan aplikasi Pekku berbasis Mind Mapping memiliki kriteria memotivasi, inovasi, kreasi dan mandiri, 3) respon guru sangat baik terhadap pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi Pekku, 4) respon peserta didik sangat baik terhadap pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi Pekku, 5) pengembangan media pembelajaran IPS menggunakan aplikasi Pekku berpengaruh baik terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik dengan nilai signifikansi 0,021 < 0,025.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, MM., M. Pd., dan Aji Heru Muslim, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: pengembangan media pembelajaran IPS, Aplikasi Pekku, Mind Mapping
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 14 Aug 2017 01:43
Last Modified: 14 Aug 2017 01:43
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3309

Actions (login required)

View Item View Item