IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR

PRATIKO,, TOTO (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (956kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik dalam pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 dan kendala yang dihadapi guru dalam implementasi pendekatan saintifik di SD Negeri 1 Cilongok Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyu mas. Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya perubahan dan pengembangan kurikulum yaitu dari kurikulum KTSP 2006 menjadi Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 mengamanatkan kepada guru untuk menerapkan pendekatan saintifik dalam proses pelaksanaan pem belajarannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Partisipan penelitian ini adalah guru kelas I, Guru kelas IV, dan kepala SD Negeri 1 Cilongok. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti dengan mengunakan alat bantu pedoma n observasi, pedoman wawancara, dan dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data menurut Milles & Hubberman (1984) yang terdiri dari beberapa tahap yaitu data collection , data reduction , data display, dan Conclusions . Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru mengacu pada hasil sosialiasai kurikulum 2013 yang diwujudkan dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Berdasarkan hasil observasi dapat disampaikan bahwa guru kelas I dan kelas IV SD Negeri 1 Cilongok telah melaksanakan pembelajaran kurikulum 2013 dengan menerapkan pendekatan saintifik yang meliputi langkah - langkah lima keterampilan ilmiah yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Namun demikian, secara umum ditemui banyak kendala dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Kendala yang dihadapi dalam implementasi pendekatan saintifik meliputi rendahnya kemampuan menalar siswa, keterbatasan var iasi model pembelajaran dan sarana prasarana pembelajaran

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D., dan Yudha Febrianta, M.Or.,
Uncontrolled Keywords: implementasi, pendekatan saintifik, kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 14 Aug 2017 01:34
Last Modified: 14 Aug 2017 01:34
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3308

Actions (login required)

View Item View Item