UPAYA MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)DI KELAS V MIM PASIRMUNCANG

APRILIANI,, TATIK (2017) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)DI KELAS V MIM PASIRMUNCANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (926kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (776kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (677kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model kooperatif tipe TGT dapat: 1) meningkatkan sikap tanggung jawab siswa 2) meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi peristiwa sekitar proklamasi. Penelit ian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MIM Pasirmuncang tahun pelajaran 2016/2017. Data penelitian yang diambil berupa sikap tanggung jawab dan prestasi belajar siswa. Data dip eroleh melalui tes, observasi, skala sikap dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa, 1) penerapan model kooperatif tipe TGT pada materi peristiwa sekitar proklamasi dapat meningkatkan sikap tanggung jawab siswa. Peningkatan sikap tanggung jawab siswa dapat dilihat dari kenaikan rata - rata pada siklus I sebesar 3,91 menjadi 4,66 pada siklus II, 2) penerapan model kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dapat dilihat pada ketuntasan siswa pada siklus I adalah 69,23% meningkat menjadi 92,30% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M.,M.Pd., dan Lia Mareza, M.A.,
Uncontrolled Keywords: penelitian tindakan kelas, sikap tanggung jawab dan prestasi belajar, team games tournament
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 14 Aug 2017 01:11
Last Modified: 14 Aug 2017 01:11
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3307

Actions (login required)

View Item View Item