PENINGKATAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS IVC SD NEGERI 2 PURWOKERTO LOR

AZIZ,, AFRIAN JAMALUDIN (2017) PENINGKATAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS IVC SD NEGERI 2 PURWOKERTO LOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (972kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (609kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya percaya diri siswa dikarenakan ak tivitas pembelajaran yang dilaksana kan masih bersifat teacher center ed. Siswa tidak banyak terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga menyebabkan percaya diri siswa rendah , selain itu berdasarkan hasil UTS hanya 8 siswa (42,10%) yang memperoleh nilai diatas nilai KKM yaitu 70. Hal tersebut dikarenakan siswa kurang yakin dengan jawaban siswa sendiri. Percaya diri siswa yang renda h dapat dilihat dari kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran dan siswa malu untuk bertanya kepada guru ataupun siswa lain. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya percaya diri dan prestasi belajar siswa adalah kurang tepatnya pemilihan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share , dimana dalam pembelajaran Think Pair Share siswa dituntut aktif dalam pembelajaran . Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Purwokerto Lor yang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 8 siswa laki -laki . Jenis Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan . Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, o bservasi, evaluasi dan refleksi . Apabila dalam siklus I belum terjadi peningkatan, maka penelitian dilanjutkan ke sikl us II. Setiap pertemuan diadakan evaluasi dengan menggunakan tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan per caya diri dan prestasi be lajar IPS . Hasil percaya diri siswa siklus I mencapai skor 1323 dengan kriteria cukup baik. Hasil prestasi belajar pada siklus I meperoleh nilai rata -rata 70,53 dengan ketuntasan 57,89 %. Perolehan percaya diri dan prestasi belajar pada siklus I belum mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan. Peningkatan percaya diri pada siklus II menjadi 1461 dengan kriteria baik . Peningkatan juga terjadi pada prestasi belajar. Pada siklus II perolehan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan nilai rata - rata menjadi 73,62 dengan ketuntasan 84,21 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan percaya diri dan p restasi belajar IPS di kelas IV Negeri 2 Purwokerto Lor .

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd dan Dhi Bramasta, S.Si., M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Percaya Diri, Prestasi Belajar IPS, Think Pair Share(TPS)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 14 Aug 2017 01:04
Last Modified: 14 Aug 2017 01:04
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3306

Actions (login required)

View Item View Item